BudayaSumbawaWisata

Parade Budaya Festival Pesona Moyo 2019 Sukses

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Peserta dan masyarakat tumpah ruah dalam Parade Budaya Festival Pesona Moyo 2019, yang berlangsung di Kota Sumbawa, Kamis (12/09).


Parade Budaya yang dilepas oleh Bupati Sumbawa di Halaman Kantor Bupati ini menempuh jarak sekitar 2,7 kilometer dengan rute Kantor Bupati menuju Lapangan Pahlawan, terlibang sukses, pasalnya selain pasertanya yang cukup banyak selain dari Kabupaten Sumbawa juga ada peserta yang meramaikan kegiatan itu dari kabupaten/kota lain, serta juga mendapat perhatian masyarakat yang sangat luar biasa.

Parade Budaya yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ini Kabupaten Sumbawa ini dalam rangka menyemarakkan Festival Pesona Moyo tahun 2019.


Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr H Muhammad Ikhsan, menyampaikan rasa bangga karena Festival Pesona ini telah masuk ke dalam 100 Calendar of Wonderfull Event Kementerian Pariwisata RI, yang artinya Festival ini merupakan 1 dari 100 atraksi wisata terbaik yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Karena itu, tak heran rombongan kabupaten lain dalam Provinsi NTB juga turut hadir menyemarakkan parade budaya ini.

Bupati berharap penyelenggaraan Parade Budaya ini dapat menumbuhkembangkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat Sumbawa terhadap nilai-nilai kearifan budaya Samawa, agar nilai positif dari tradisi dan budaya Tau Samawa semakin dikenal oleh masyarakat luas.


Adapun peserta Parade Budaya dari kabupaten lain yakni dari Kabupaten Sumbawa Barat yang mengangkat tema Sito, menampilkan tabuhan alat musik tradisional dan tarian yang memukau. Sementara itu Kabupaten Lombok Timur dengan tema Praje yang menampilkan pasangan pengantin yang diarak sepanjang pawai budaya. Selain itu, beberapa etnis di Kabupaten Sumbawa juga ikut menyemarakkan parade budaya tahun ini dengan menampilkan ciri khas masing-masing etnis, seperti Etnis Tionghoa dengan Barongsainya dan Etnis Jawa dengan Reognya, Etnis Madura, kemudian Komunitas Plobamora dengan music khasnya yang menggugah penonton untuk ikut bergoyang, serta sejumlah penampilan peserta lain seperti dari OPD yang mengangkat tema-masing-masing dan berbagai komunitas lainnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close