Sumbawa Barat

Bupati KSB Setujui Car Free Day Satu Kali Dalam Sebulan

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M, setuju jika kegiatan Car Free Day (CFD) dilaksanakan sekali dalam sebulan. Hal itu disampaikan bupati pada acara CFD dan Deklarasi Bulan Keselamatan Berlalu Lintas memperingati Hari Perhubungan, belum lama ini. 
Kegiatan Dinas Perhubungan KSB ini, digelar di Jalan Jenderal Sudirman Kota Taliwang. CFD perdana di KSB, dimeriahkan dengan senam masal, sepeda santai, stand kuliner, promosi OPD dan sponsor. “Saya setuju Car Free Day ini dilaksanakan satu bulan sekali, selain banyak kebaikan, seperti mengajak dan mengurangi kecelakaan, ini juga baik untuk lingkungan, sebagai tempat rekreasi, olahraga dan silaturrahmi masyarakat. Dinas-dinas juga agar memanfaatkan kegiatan ini,” kata Bupati.
Usai memberikan sambutan, Bupati bersama Wakil Bupati Fud Syaifuddin, S.T, Ketua DPRD KSB Kaharuddin Umar, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa, S.I.K., M.H, Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol CZI Eddy Oswaronto, S.T menandatangani deklarasi KSB TABE atau akronim dari KSB Tanpa Anak Berkendara Kendaraan Bermotor. 

Ribuan masyarakat Kota Taliwang dan sekitarnya antusias mengikuti CFD. Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman pun terlihat sangat ramai dengan warga yang berjalan kaki atau bersepeda.
Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat, sejumlah pengusaha penambangan dan gelondong telah bertemu dengan dirinya. Para pengusaha sadar bahwa merkuri merusak lingkungan, ekosistem dan berdampak pada manusia.

Pengusaha pun, bertekad tidak akan menggunakan merkuri dan akan beralih menggunakan sianida atau karbon. “Penggunaan merkuri sangat merugikan,  dampaknya tanaman dan ternak tercemar, masyarakat pun bisa rugi karena produk itu tidak bisa laku. Kepada dinas terkait untuk memberi sosialisasi kepada pengusaha gelondong bagaimana penggunaan sianida dan karbon yang baik,” imbuh Bupati.
Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan KSB, Ir. H. Irhas R. Rayes, M.Si melaporkan, CFD direncanakan akan digelar setiap bulan. Kegiatan ini digelar untuk memeriahkan Hari Perhubungan yang puncaknya dilaksanakan pada tanggal 17 September. 
Pada hari ini, akan dideklrasikan KSB TABE, tujuannya agar anak-anak berumur 17 tahun ke bawah tidak mengendarai sepeda motor, tetapi menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bersekolah.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close