Sumbawa Barat

Apresiasi Tim Unicef Terhadap Program STBM Pemda KSB

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Ketua Tim Word Spesialis Penanganan Program Sanitasi Berbasis Masyarakat, Muhamad Zaenal bersama Silva Liem, selaku Konsultan Perencana  Program dari Unicef didampingi oleh Kepala Bappeda Litbang KSB, Drh Haerul MM, Kepala Dikes, H Tuwuh, Asisten Administrasi Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Dr H Amry Rahman, para SKPD, Camat Seteluk, Kapolsek serta Dan Ramil seteluk melakukan kunjungan ke Desa Seteluk Tengah, guna mengunjungi kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM), belum lama ini.
Pada kunjungan tersebut, Muhamad Zaenal menyampaikan apresiasi dengan apa yang telah dicapai oleh Kabupaten Sumbawa Barat dalam menyukseskan program Lima pilar STBM.
Di antaranya, pilar (1) Tidak buang air besar disembarang tempat, (2) Mencuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir, (3) mengelola air minum rumah tangga, (4) Mengola sampah rumah tangga, (5) Mengolah limbah cair rumah tangga.

Hal ini dikatakan Zaenal, disela sela melihat program STBM yang kini tengah digiatkan oleh pemda Sumbawa Barat. “Saya sangat kagum dan terkesan atas semangatnya masyarakat yang saya kunjungi di beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat, dalam memperoleh hidup sehat melalui STBM, hal ini hal yang sangat luar biasa,” kata Zainal.
Menurutnya, keberhasilan suatu daerah atas STBM dapat dilihat dari keberanian Bupatinya serta didukung oleh semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri yang menyentuh langsung akan pentingnya kesehatan.
Program STBM yang digalakkan oleh Bupati Sumbawa Barat, melalui 5 pilar dapat dikatakn sukses dan merasa bangga dengan apa yang telah dilihat, “Bupati KSB mempunyai keberanian yang sangat luar biasa dalam memyukseskan STBM, dan ini dapat menjadi tolak ukur bagi daerah lain,” puji Zaenal.

Tak hanya itu, Zainal juga memuji semangatnya masyarakat sumbawa barat dalam menata lingkungan yang bersih dan sehat melalui 5 pilar STBM,  ini harus didukung semua pihak dan capaian itu sudah kelihatan dengan apa yang telah dilihatnya secara langsung. “Wajah masyarakat terlihat begitu sumringah dengan penuh senyuman dalam menyambut kedatangan kami, ini hal yang sangat luar biasa dan saya bangga dengan apa yang saya lihat, semua tertata rapi dengan 5 pilar STBM,” beber Zaenal.
Menurut Zaenal, kesan yang sangat mendalam adalah semangatnya masyarakat dalam menyukseskan program STBM yang dicanangkan Bupatinya. “Bupatinya, saudara Dr Ir H W Musyafirin adalah sosok Bupati yang inovatif dan Kreatif, beliau itu orang berani mengambil keputusan, kami dari tim Unicef sangat bangga melihat antusiasnya masyarakat mengikuti STBM, dan ini bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain, saya tidak bisa mengucapkan dengan kata-kata, intinya saya merasa puas dan bangga,” puji Zainal.

Dari progres STBM, kesannya kata Zaenal, bahwa program STBM di KSB sudah mendengar lama, hal ini yang membuat penasaran tim unicef, ternyata kami melihat hasil dari progres STBM, banyak hal-hal bagus dan baru dari inovasi potensi lokal yang digunakan, jika dibandingkan dengan daerah lain sambungnya, banyak juga pelajaran yang bisa di ambilnya, namun di KSB sendiri melihatnya hal yang sangat luar biasa dan penuh makna. ”Harapan kami kedepan,  KSB ini dapat dijadikan contoh bagi daerah lain, yang paling penting adalah semangat gotong royong melalui para Agen PDPGR dan peliuknya, hal ini yang tidak ada di daerah lain, sehingga program STBM dengan penuh keyakinan dapat dituntaskan dalam waktu dekat,” papar, Zaenal.

Demikian pula dengan Silva Liem, Konsultan Perencana Program UNICEF, juga mengapresiasi hal yang sama. ”Saya tidak bisa mengucapkan dengan kata-kata, saya melihat arah kebijakan itu dari atas sudah sangat benar, dan saya melihat ke bawah semuanya pada bergerak dengan muka-muka yang happy, saya tidak melihat muka kusam masyarakat, semua masyarakat yang Saya kunjungi merasa gembira,  sampai bulu badan Saya merinding rasa terharu dan bangga saya, ” ucap, Silva Liem.
Menurut Silva Liem, kunci keberhasilan STBM di KSB adalah keteladanan, ”Saya bangga dengan Bupatinya, Insya Allah 5 pilar STBM tidak lama tuntas di KSB, karena daya dukung masyarakatnya sangat kuat,” terang, Silva Liem.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close