Sumbawa

Pilkades Serentak di 119 Desa Kemungkinan Dimajukan

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 119 desa tahun 2020 mendatang, kemungkinan besar dimajukan dari rencana awal. Pertimbangannya, karena dikhawatirkan salah satu pesta demokrasi ini bakal bentrok dengan Pilkada serentak yang juga dilaksanakan di tahun yang sama. “SK Bupati tentang pelaksanaan Pilkades serentak tahun depan ini, memang belum ada. Tapi, kemungkinan besar dimajukan sebelum Pilkada serentak. Masalah Pilkades serentak ini sudah kita sampaikan ke pak Bupati, sebab regulasi sampai waktu pemilihannya nanti berdasarkan SK Bupati,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Pemerintahan Desa, Ulumuddin, SE.

Dikatakan Ulumuddin, pelaksanaan Pilkades serentak dari tahapan persiapan hingga penetapan, diperkirakan berjalan sekitar tujuh hingga delapan bulan. Bentrok antara tahapan Pilkades dengan Pilkada serentak, sepertinya lebih banyak jika Pilkades digelar setelah Pilkada.
Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak KPU Sumbawa, lanjutnya, tahapan Pilkada serentak dilakukan tanggal 23 September 2020. Namun, tahapannya sudah mulai dilakukan tahun ini. Sementara untuk Pilkades serentak rencananya tahapan awalnya dimulai Oktober 2019, dengan asumsi pemilihan dapat dilakukan bulan Maret 2020.

Karena itu, untuk meminta masukan dan pertimbangan dari aspek teknis dan aspek keamana, DPMD Sumbawa, dalam waktu dekat ini akan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk KPU, Kepolian dan TNI.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close