Sumbawa

Disnakeswan Sumbawa Keluarkan 320 Ribu Kartu Register Ternak

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa mengeluarkan 320 ribu Kartu Register Ternak yang sudah disebarkan di 13 Unit Pelaksana Teknis Produksi Kesehatan Hewan yang berada di kecamatan sebagai antisipasi banyaknya peternak melakukan register baru terhadap ternak yang dimiliki.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Ternak (Bitpro), Syarifuddin SPt saat ditemui Gaung NTB di ruangan kerjanya, Selasa (23/07) menyampaikan bahwa jadwal registrasi sudah dimulai dari awal Juli, sementara untuk jadwal diserakhan kepada masing-masing UPT untuk menyusun jadwal sesuai waktu yang telah ditentukan dari bulan Juli hingga Desember sebagai batas akhir waktu registrasi.

Lebih lanjut disampaikan, Syarifuddin bahwa dalam pelaksanaan registrasi tersebut Disnak bekerja sama dengan UPT, pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk menginput data ternak yang ada di kecamatan dan desa supaya tidak ada kekeliruan paska register, dari 24 kecamatan dan 13 UPT baru Kecamatan Rhee yang sudah selesai. Sementara kecamatan lainnya masih dalam tahap dan menurut jadwal baru akan selesai akhir Agustus
“Bagi UPT yang melewati waktu, nanti setelah selesai semua baru bisa dilayani sebagai susulan sampai Desember,” jelasnya.
Sementara untuk data ternak sapi dari tahun 2017 berjumlah 219.010 mengalami kenaikan, tahun 2018 berjumlah 230.409, sementara untuk Sapi Sumbawa 2017 berjumlah 6.773 mengalami kenaikan tahun 2018 berjumlah 8.058. Sementara untuk ternak Kerbau pada tahun 2017 berjumlah 37.573 mengalami penurunan pada 2018 sejumlah 36.327, begitu juga untuk kuda pada tahun 2017 berjumlah 21.685 mengalami penurunan pada tahun 2018 berjumlah 20.082. “Data 2019 baru dapat di akses setelah selesai registrasi,” ujarnya.

Sementara yang menjadi rancangan untuk registrasi tahun depan akan dilakukan E-Registrasi dan sekarang dalam penyusunan. setiap UPT di kecamatan harus mempunyai computer sebagai penunjang akses data, dan dilakukan input data secara onlinen untuk memepermudah petugas dan dinas dalam melakukan regis.
Sebagai langkah untuk memudahkan Disnak, menghimbau para petani peternak pada saat registrasi diharapkan dapat hadir dengan membawa hewannya karena Regis akan dirangkaikan dengan vaksinasi secara gratis tidak ada pemungutan biaya

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close