Sumbawa

DD Desa Jorok Kecamatan Utan Akhirnya Disalurkan

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Rekomendasi penundaan pencairan Dana Desa (DD) untuk Desa Jorok Kecamatan Utan, akhirnya dicabut. Dengan demikian, dana desa yang sebelumnya sempat tertahan, sudah dapat dicairkan. “Jadi, tinggal Desa Lape Kecamatan Lape saja, yang DD nya belum disalurkan karena belum menyelesaikan semua apa yang menjadi hasil audit Inspektorat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Pemerintahan Desa, Ulumuddin, SE.

Terkait hal itu, pihaknya kata Ulumuddin, telah berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Sumbawa, dan meminta kepala desa setempat untuk segera menyelesaikan temuan Inspektorat. Dan saat ini, sebagian temuan telah ditindaklanjuti dan diselesaikan oleh kepala desa.
Terkait hasil audit, secara umum sudah ada yang ditindak lanjuti sebagian. Tapi ada sebagian kecil yang belum selesai. “Belum semuanya, sehingga belum dicabut rekomendasi. Kepala desa kooperatif karena sudah ada yang ditindaklanjuti, tinggal kita minta supaya lebih cepat untuk menyelesaikan itu. Agar bisa kita salurkan kembali,” ucapnya.

Lebih lanjut Ulumuddin menegaskan, khusus Desa Lape, keterlambatan pencairan tahap I dan II ini akan berimbas kepada pencairan tahap berikutnya. Sebab, tapah III belum dapat dicairkan bila laporan tahap I dan II belum diselesaikan. ”Untuk penyeluaran tahap ke III, maka harus menyelesaikan laporan pencairan tahap I dan II ini. Sehingga secara logika, kalau tahap I dan II saja belum selesai, maka tahap ke III otomatis akan berimbas,” ujarnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close