Sumbawa

Dana BOP PAUD Tahap Pertama untuk 532 Lembaga Akhirnya Cair

umbawa Besar, Gaung NTB
Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019, akhirnya cair. Untuk tahun ini, ada sebanyak 532 lembaga yang berhak mendapat bantuan tersebut.
Tidak seperti tahun lalu, dana BOP PAUD yang dicairkan tidak lagi sekaligus. Tapi, dua tahap. Untuk tahap pertama ini, yang dicairkan sebesar 50% dari total dana. Untuk diketahui, tahun ini Kabupaten Sumbawa, mendapat alokasi BOP PAUD sebesar Rp 12,2 miliar. Itu artinya, untuk tahap pertama dana yang dicairkan sebesar Rp 6,1 miliar lebih. “Alhamdulilah, sudah cair. Tapi, baru sebagian lembaga yang mencairkan. Pencairan 100% untuk semua lembaga, diupayakan bulan ini juga. Dananya sudah ada di bank, tinggal dikucurkan saja,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Kelembaga dan Sarana Prasarana PAUD dan PNF Bidang PAUD dan PNF, Sulaiman, SPd.

Dibanding tahun lalu ujar Eman, sapaan akrabnya, pencairan BOP PUAD tahun ini terbilang cukup cepat, karena mungkin dilakukan dalam dua tahap. Tahun lalu, paling cepat bulan September, baru cair karena saat itu mekanisme pencairannya dilakukan sekaligus.
Perubahan mekanisme pencairan ini dilakukan, karena berdasarkan evaluasi pemerintah pusat, pencairan dengan sistem dua tahap ini, tingkat efektifitas pembelajaannya mudah dikontrol.
Lebih lanjut Eman menegaskan 532 lembaga yang mendapa dana BOP PAUD ini adalah lembaga yang melakukan entry data pada bulan Juli 2018 sampai September 2018, dan dilanjutkan pada bulan Oktober 2018 sampai Maret 2019.

Karena itu, bagi lembaga yang belum beruntung mendapatkan BOP PAUD tahun ini, diharapkan melakukan entry data mulai bulan Juli 2019, agar tahun 2020 dapat diusulkan sebagai calon penerima. “Untuk Kabupaten Sumbawa, masih ada 72 lembaga yang belum mendapat BOP PAUD. Peserta didiknya ada, begitu juga administrasinya lengkap. Cuman kemarin mereka tidak terkafer sebagai penerima BOP PAUD tahun ini, belum melakukan entry data karena belum punya IT,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close