Sumbawa

Ratusan Calon Siswa SMPN 1 Sumbawa Diarahkan Mendaftar ke Sekolah Lain

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Kebutuhan calon siswa baru bagi sekolah yang selama ini kerap mengalami kekurangan siswa pada saat pendaftaran Penerimaan peserta Didik Baru (PPDB) dibuka, sepertinya tahun ini bisa teratasi. Pasalnya, ada ratusan calon siswa baru yang tidak memenuhi syarat untuk diterima sebagai siswa di SMP Negeri 1 Sumbawa. Bahkan, sekolah bersangkutan sudah menutup waktu pendaftaran sejak tanggal 3 Juli lalu. Meski di juknis sendiri PPDB untuk gelombang pertama baru ditutup tanggal 5 Juli. “Iya, pendaftaran di sekolah kami sudah ditutup tanggal 3 Juli kemarin. Pendaftarnya hari itu sampai 450 orang. Sementara di PPDB tahun ini, kita hanya terima siswa baru 256 untuk 8 kelas. Alhamdulillah, tidak ada orang tua murid yang protes, sebab mereka tahu pendafattaran di sini bukanya samai tanggal 3 Juli saja,” kata Kepala SMP Negeri 1 Sumbawa, Sri Irianti, SPd, MPd.

Biasanya kata Sri Irianti, calon siswa baru yang tidak diterima karena belum memenuhi syarat ini jumlahnya hanya puluhan. Tapi tahun ini cukup membludak, sampai ratusan. “Angka pastinya saya tidak hafal. Yang pasti jumlah calon siswa yang tidak bisa kita terima itu, mencapai ratusan orang,” ujarnya.


Terhadap calon siswa yang belum diterima ini, panitia sudah mengarahkan untuk mendaftar ke sekolah lain. Ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan Dinas Dikbud, yang pada PPDB tahun ini, meminta sekolah yang pendaftarnya melebihi kuota untuk mengopernya ke sekolah lain. “Semoga sekolah yang selama ini kerap mengalami kekurangan calon siswa, dapat terbantu dengan banyaknya calon siswa yang tidak kita terima tahun ini. Kepada orang tua murid, kami mohon maaf jika sekiranya anak-anak mereka belum bisa diterima menjadi murid di SMPN 1 Sumbawa, karena memang daya tampung yang dibeirkan hanya untuk 8 kelas saja,” demikian Sri Irianti.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close