Serbaneka

Pemerintah Kembali Tuntaskan Program BSPS

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) berupa pembangunan rumah layak huni pada tahun 2019, bakal dituntaskan kembali oleh pemerintah.
Dengan harapan akan mampu mendorong percepatan pembangunan, khususnya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). “Sasaran BSPS adalah Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), sesuai SK Gubernur program tersebut harus terfokus pada desa tertinggal. Sementara KSB menyisakan 5 desa yang masuk dalam kategori tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Amar Nurmansyah, ST melalui Kasi Penyediaan Perumahan, Karimuddin, ST.

Menurut Karimuddin, saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis melalui Peraturan Bupati (Perbup). Perbup ini sebagai dasar Dinas PU dan DPKD melakukan percairan tahap demi tahap, dengan sumber anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat. 
Untuk diketahui, pelaksanaan pembangunan tahap pertama diberikan 25% dari jumlah anggaran yang sudah ditetapkan. “Estimasi mulai dikerjakan tanggal 21 Juli 2019 nanti, disesuaikan dengan batas akhir serapan anggaran pusat. Dari tanggal 21 Juli Dinas Pendapatan dan Aset Daerah melaporkan ke pusat bahwa anggaran sudah terserap setelah itu dilakukan transfer tahap kedua,” ungkapnya.

Mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK), sebenarnya melakukan 3 proses transfer diantaranya tahap satu dan dua serta perhitungan selisih anggaran yang sudah digunakan dengan anggaran yang belum di transfer, artinya melihat capaian apakah ada selisih yang signikfikan yang di maksudkan oleh PMK tadi. 
Karimuddin menambahkan, dasar PMK dinas memberikan waktu pelaksanaan pembangunan rumah dari bulan Juli hingga Oktober. Dengan total unit program sebanyak 125 yang diperuntukkan khusus di kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam prosesnya nanti dinas akan melakukan inspeksi di setiap rumah penerima bantuan agar benar-benar rumah tersebut terbangun.
“Menurut isyarat pempus menyatakan semua daerah harus betul-betul serius menyelesaikan bantuan tersebut karena BSPS bagi pusat sebagai program unggulan, apalagi program ini sama dengan nawacita pemerintah daerah KSB, yang artinya program sudah terkoneksi dan ini akan menjadi acuan pempus memberikan program yang sama di tahun berikutnya,” bebernya.
Saat ini lanjut Karimuddin, sesuai jadwal DPU memfasilitasi penerima melakukan buka rekening pada bank NTB Syariah yang sudah di tunjuk oleh penerintah daerah.
“Dari 125 penerima setengahnya sudah melakukan pembuatan rekening, tinggal menunggu petunjuk tekhnis dan sudah dalam proses verifikasi perbub,” pungkasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close