EdukasiSerbaneka

Dinas Dikbud Sumbawa Wacanakan Relokasi SMPN 3 Sumbawa

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, mewacanakan akan merelokasi gedung SMP Negeri 3 Sumbawa. Lokasi yang dinilai kurang bagus, menjadi salah satu dasar lahirnya wacana tersebut. Seperti diketahui, lokasi sekolah bersangkutan saat ini bersebelahan dengan Pasar Seketeng. “Iya, ada wacana mau direlokasi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sahril, SPd.

Kapan wacana ini direalisasikan, Kadis Dikbud, belum mau memastikannya. Namun, sebelum wacana ini diwujudkan kata dia, tentunya akan dilakukan kajian dan telaah yang menyeluruh dan konfrehensif dari semua aspek. Sehingga memungkinan sekolah itu nantinya dapat berkembang, pada kondisi internal dan eksternal yang lebih baik lagi. “Kalau kita lihat lokasinya memang kurang bagus, terlalu dekat dengan pasar,” tandasnya.

Menurutnya jika wacana ini terealisasi, banyak opsi yang bisa ditempuh untuk merelokasi sekolah tersebut. Salah satunya, dengan opsi penggabungan atau relokasi murni ke lokasi yang baru. “Kalau digabung, mungkin kita cari SMP terdekat,” ujarnya.
Lalu bagaimana dengan rencana relokasi SDN Nijang, yang sudah digaungkan beberapa tahun terakhir ini ?
Khusus SDN Nijang tambah Haji Sahril, jika dilihat kondisi yang ada saat ini, memang sudah saatnya direlokasi. Terhadap rencana lokasi yang baru yang sudah ada, menurutnya perlu dilakukan pengkajian secara tehnis mengenai analisis dampak lingkungannya. “Sambil menunggu kajian tehnis yang kofrehensif ini, tidak ada salahnya gedung sekolah yang ada sekarang kita manfaatkan dulu,” tegasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close