Serbaneka

BBGRM Tingkat Kabupaten Sumbawa 2019 Digelar

Moyo Hilir, Gaung NTB
Sebagai upaya untuk memupuk kembali budaya gotong royong di tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sumbawa kembali menggelar kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2019, yang pembukaannya berlangsung di Panggung Seni Budaya Desa Moyo, Kecamatan Moyo Hilir, Selasa (25/06). BBGRM tahun ini mengangkat tema “Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tahun 2019 Kita Budayakan Jumat Bersih”

Pencanangan BBGRM tahun 2019 ditandai dengan penabuhan gong oleh Bupati Sumbawa, didampingi Kepala DPMD Kabupaten Sumbawa, Camat Moyo Hilir, dan Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian beberapa jenis bantuan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa kepada masyarakat Moyo Hilir.
Sementara itu Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, BSc dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bulan Bhakti Gotong Royong merupakan momentum bersama untuk menyadarkan tentang arti penting gotong royong, terutama bagi generasi penerus yang akan memikul sejarah bangsa ke depan.

H. Husni—sapaan akrab Bupati Sumbawa, berharap agar dalam serangkaian kegiatan BBGRM tahun ini dapat dilaksanakan kegiatan pembangunan dengan semangat persatuan dan kesatuan serta peran aktif masyarakat, baik tua maupun muda, juga lembaga kemasyarakatan yang meliputi kegiatan bidang ekonomi, sosial budaya, agama dan bidang lingkungan di masing-masing desa dan kelurahan. Selain itu beliau mengingatkan agar semangat gotong royong harus diajarkan melalui kegiatan praktik-praktik yang nyata dan bukan sekedar wacana.
“Melalui kegiatan yang dicanangkan hari ini, saya berharap berbagai program pembangunan pemerintah dan masyarakat baik kabupaten, kecamatan maupun desa/kelurahan dapat terealisasi dengan baik dan mendapat dukungan lebih maksimal dari berbagai elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala DPMD Kabupaten Sumbawa, Varian Bintoro, MSi dalam laporannya menyampaikan digelarnya kembali kegiatan BBGRM tahun ini, sebagai bentuk upaya dan reaksi atas terkikisnya tradisi gotong royong ditengah masyarakat kita.

Menurut Varian—sapaan Kepala DPMD Sumbawa, upaya melestarikan budaya gotong royong yang terus digodok pemerintah Kabupaten Sumbawa saat ini akan dapat terwujud apabila terjalin sinergi antara pemerintah dan elemen masyarakat, terutama ibu-ibu PKK. Peran ibu-ibu PKK dinilai sangat penting dalam membentuk karakter anak-anak kita, sebab semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan di dalam keluarga.

Sebelumnya Camat Moyo Hilir, M. Lutfi Makki, SPd MSi menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kecamatan Moyo Hilir untuk menjadi tuan rumah Pencanangan BBGRM tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2019.

Camat yang sebelumnya menjabat Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda itu berharap digelarnya kegiatan ini di wilayahnya dapat menumbuhkan kembali semangat gotong royong yang saat ini sudah mulai memudar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close