Sumbawa

8 Paket DAK Penunjukan Langsung

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Dari 86 Paket lelang yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), delapan diantaranya tidak memiliki penyedia sebagai pemenang. Sehingga dokumen paket dikembalikan ke OPD terkait masih-masing, guna dilakukannya penunjukan langsung (PL).
Kedelapan paket tersebut diantaranya yaitu pengadaan kendaraan truk roda enam dan pengadaan mesin penggilingan padi (RMU) di Dinas KUKM-Perindag Sumbawa, pembangunan baru Puskesmas Moyo Hulu, pembangunan baru UPT Puskesmas Ropang dan UPT Puskesmas Lantung di Dinas Kesehatan Sumbawa, pengadaan dum truck di Dinas Lingkungan Hidup Sumbawa, belanja cetak blangko pendaftaran penduduk di Disdukcapil Sumbawa serta pembangunan aula kantor balai penyuluhan pertanian di Dinas Pertanian Sumbawa.

Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LPBJP) Setda Sumbawa, Pipin Sakti Bitongo S.T., M.Eng yang dikonfirmasi wartawan, membenarkan hal tersebut. Dikatakan, sebelumnya delapan paket ini sudah dilakukan lelang sebanyak dua kali namun gagal.
Ini dikarenakan penyedia yang memasukan penawaran tidak memenuhi persyaratan. Sehingga melihat sisa batas waktu paket DAK harus segera berkontrak, pihaknya pun mengembalikan paket ini ke OPD masing-masing untuk dilakukannya penunjukan langsung (PL) terhadap penyedia. “Prosesnya ini sudah di PA dan Pokja hanya administrasinya saja,” ujarnya, Selasa (16/7).

Dijelaskannya, penunjukan langsung ini sesuai dengan Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dimana pada pasal 51 ayat 10 menyebutkan dalam hal tender/secara keseluruhan sebagaimana dimaksud ayat 9 gagal Pokja pemilihan dengan persetujuan PA/KPA melakukan penunjukan langsung dengan kriteria kebutuhan tidak dapat ditunda dan tidak mencukupi waktu untuk melaksanajan tender.
“Sehingga sesuai dengan aturan itu diserahkan ke SKPD untuk melakukan tindakan selanjutnya,” tambahnya.

Saat ini, kedelapan paket tersebut dalam proses untuk dilakukannya penunjukan langsung dan diharapkan dalam pekan ini sudah berkontrak. Karena paket yang bersumber dari anggaran DAK memiliki batas waktu hingga 22 Juli mendatang. “Semua paket DAK diusahakan dalam minggu ini sudah tuntas,” tukasnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close