Sumbawa

17 Kecamatan di Sumbawa Alami Kelangkaan Air

Sumbawa Besar Gaung NTB.
17 Kecamatan di Sumbawa mulai mengalami kelangkaan air, Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) mulai melakukan droping bantuan air ke wilayah terdampak.
Kepala Dinas BPBD Sumbawa, melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Muhammad Nurhidayat, ST saat ditemui Gaung NTB di ruangan kerjanya, Selasa (9/7) menyampaikan bahwa ada daerah yang kekeringan di Sumbawa yang sudah dilakukan survei dan mereka membutukan air.
Disampaikannya, bahwa BPBD Sumbawa sedang melakukan analisa dengan membagi tiga wilayah yang mengalami kekeringan yakni wilayah Barat, wilayah Tengah dan wilayah Timur.

Untuk wilayah Barat yang mengalami kekeringan yakni Kecamatan Labuhan Sumbawa hingga Alas Barat didalamnya ada Dusun Sampar Maras, Labuan Bajo, Dusun Bajo, Pulau Kaung Dusun Kaung A, Bungin Dusun Sektor, Mapin Kebak Dusun Mapin, Luk Karya Dusun Luk karya A. “Terhadap lokasi kekurangan air tersebut telah dilakukan suplay air bersih,” jelasnya.

Sementara untuk wiilyah Tengah meliputi Kecamatan Unter Iwis hingga Moyo Hilir seperti Dusun Sampar Pelat, Dusun Lenangguar A, Dusun Tahan, Dusun Ai Puntuk juga telah dilakukan pendistribusian air.
Untuk wilyah Timur meliputi Kecamatan Lape yakni di Dusun Bukit Tinggi, Dusun Maman, di Kecamatan Labangka yakni di Dusun Labangka 1 di Kecamatan Plampang yakni Dusun Marpe, Kecamatan Empang di Dusun Boal A dan di Desa Lopok, juga telah telah dilakukan suplai air bersih.
Lebih lanjut disampaikan Nurhidayat bahwa sekarang sedang upayakan tanggap darurat terhadap wilayah yang sangat membutukan air. “Kami sudah bersurat kepada Bupati Sumbawa untuk memberikan rekomendasi serta penambahan armada untuk penyaluran air di kecamatan yang terdampak kekeringan,” ujarnya.

Untuk diketahui katanya, bahwa dalam pendistribusian air bersih tersebut, BPBD bekerja sama dengan PDAM untuk stok air bersi, kemudian BPBD yang menyalurkan ke berbagai kecamatan yang membutuhkan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close