Peringati HPSN Pemda Sumbawa Gelar Gotong Royong

0
18
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sampah di semuah tempat di Kabupaten Sumbawa. Sementara pada Selasa (26/02) kemarin Pemda Sumbawa melakukan kegiatan gotong Royong membersihkan sampah yang dipusatkan di Pantai Saliper Ate Kecamatan Labuhan Badas.
Kegiatan gotong royong tersebut sesuai dengan arahan Bupati Sumbawa, H M Husni Djibril, bahwa pada hari Selasa (26/02) akan dilaksanakan aksi gotong royong bersama untuk memaknai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 dengan membersihkan sampah serentak di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa.
H Husni—sapaan akrab Bupati Sumbawa menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada segenap masyarakat, kelompok masyarakat, Pasukan Kuning, yang telah peduli dan bahu-membahu menjaga lingkungan dari sampah.
“Semoga Sumbawa Bebas Sampah 2020 akan dapat kita wujudkan bersama,” harapnya.
Sementara itu sebelumnya, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, A Malik S.Sos menyampaikan bahwa Pemda Kabupaten Sumbawa segera memprogramkan bebas sampah mulai tingkat desa dan Kecamatan. Hal itu sebagai bentuk upaya dukungan kepada Pemerintah Provinsi NTB yang mencanangkan “NTB Zero Waste”.
“Bentuk dukungan Pemda Sumbawa sekarang, itu kita akan memprogramkan bebas sampah mulai dari tingkat desa dan kecamatan,” ujarnya kepada Gaung NTB, kemarin
Dalam program tersebut jelasnya, Pemda akan menyiapkan sarana angkutan sampah seperti roda tiga dan kontainer. Sementara pihak desa akan memilah dan mengangkat sampah, sedangkan Kecamatan menyediakan TPA sementara.
“Kita sedang menyusun regulasinya dan kita juga akan melakukan rapat koordinasi,” ujarnya.
Selain program bebas sampah mulai tingkat desa ini, bentuk lain dukungan yang dilakukan oleh Dinas LH menurut A Malik, yakni terus mengatasi persoalan sampah di wilayah perkotaan dengan sistem pengaturan pengangkutan. Termasuk Tim Reaksi Cepat yang masih gencar dilakukan.

loading...

LEAVE A REPLY