Nelayan Pesisir KSB Bakal Dapat Bantuan Rehab UPI dan Ice Flake

0
107
loading...
loading...

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Nelayan pesisir Sumbawa Barat dalam waktu dekat akan mendapat bantuan rehap Unit Pengolahan Ikan (UPI) melalui DAK propinsi dan Ice Flake atau mesin pembuat es curah dari pemerintah pusat.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), melalui Kabid Sumberdaya dan Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan, Agusman mengatakan, dua bantuan dimaksud akan diberikan kepada kelompok nelayan pesisir labuhan Lalar kecamatan Taliwang. “Tujuannya untuk peningkatan produksi, kesejahteraan kelompok dan masyarakat setempat,” jelasnya.
Dua bantuan tersebut dipastikan akan disalurkan dalam tahun ini. Untuk rehap UPI diperkirakan sudah mulai dikerjakan pada maret mendatang, dan rampung pada pertengahan tahun.
Sementara Ice Flake, hasil koordinasi dengan pusat diperkirakan akan disalurkan pada Agustus mendatang.
Adapun kelompok Nelayan yang akan mendapat bantuan, adalah kelompok Pengolahan dan Pemasaran Labuhan Lalar yang tergabung dalam koperasi nelayan Simbar Tanga Bahari. Kelompok ini pada tahun sebelumnya telah mendapat bantuan sarana lengkap sehingga mampu produksi Abon ISJ (Ikan Jelas Sehat) dalam skala kecil.
Hasil tinjau lapangan stake holder terkait, dari segi tempat dan produksi Abon IJS dinilai masih kurang representatif dan diusulkan untuk dikembangkan pada tahun ini melalui dana DAK Propinsi. “Anggaran dan Pengerjaannya dari Propinsi, mudah-mudahan bulan Juni atau Juli Nanti sudah selesai dikerjakan,” ujar Agusman.
Labuhan Lalar lanjut dia, merupakan sentralnya perikanan di Sumbawa Barat. Tak heran jika pada tahun ini juga mendapat bantuam ice Flake dari Pemerintah Pusat.
Mesin pembuat es curah tersebut, nantinya akan sangat membantu nelayan setempat dalam menjaga kesegaran ikan hasil tangkapan ataupun untuk kebutuhan lainnya. “Banyak manfaatnya, semuanya untuk pemberdayaan masyarakat pesisir dan penopang keberadaan UPI dalam ketersediaan bahan baku,” tandasnya.
Selain dua bantuan di maksud, DKP KSB juga akan menggelontorkan bantuan berupa cool box atau kotak pendingin bagi 10 kelompok Nelayan yang tersebar di beberapa kecamatan.

loading...

LEAVE A REPLY