Bumdes Mata dan Bumdes Prode I Dapat Bantuan Kendaraan Perintis

0
41
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kesulitan transportasi yang kerap dialami masyarakat di Desa Mata Kecamatan Tarano dan Desa Prode I Kecamatan Plampang, sepertinya bakal sedikit teratasi dengan hadirnya bantuan kendaraan angkutan perintis.
Kendaraan roda empat yang sebelumnya dianggarkan melalui DAK Afirmasi Kementerian Desa Pembangunan Derah Tertinggal dan Transmigrasi ini, sebelumnya sudah dilelang oleh Pemda Sumbawa, melalui Dinas Perhubungan setempat itu.
Nantinya, kendaraan yang sepintas mirip dengan minibus isi 20 penumpang ini baka diberikan kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mata Desa Mata Kecamatan Tarano dan Bumdes Prode I Kecamatan Plampang, untuk dikelola bagi keperluan masyarakat di sana. “Penyerahannya sudah dilakukan tanggal 22 Januari lalu oleh Bupati Sumbawa. Kendaraan perintisnya ada dua unit. Satunya untuk Bumdes Mata, yang satunya lagi buat Bumdes Prode I. sekarang sedang kita proses pengurusan STNK mobilnya menjadi kendaraan umum (dari plat merah ke plat kuning,” ujar Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi dan Kerjasama Antar Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Nurhikmah, SPt, MAP.
Kendaraan perintis ini menurut Nurhikmah, tidak asal diberikan kepada Bumdes. Ada beberapa penilaian yang harus dipenuhi. Bumdes Mata dan Bumdes Prode I ini, berdasarkan penilaian kedua lokasinya masuk dalam kategori tingkat kesulitan transportasi yang cukup tinggi. Berkaca dari itu, pemda berupaya untuk memberikan bantuan kendaraan perintis tersebut. “Jadi kendaraan ini digunakan untuk mengangkut masyarakat dari desa ke kecamatan untuk beraktifitas sehar-hari. Yah, dibuat semacam angdeslah nantinya kendaraan perintis ini. Nanti, setelah syarat-syarat kelengkapan kendaraannya sudah beres, baru kita serahkan ke Bumdes,” kata Nurhikmah.
Ia tidak menutup mata jika masih banyak Bumdes yang juga membutuhkan kendaraan perintis. Seperti Bumdes yang ada di Kecamatan Batu Lanteh dan Orong Telu, yang memang masih sulit dalam urusan transportasi.
Karena itu, ke depan pihaknya akan terus berupaya memberikan bantuan kendaraan operasional khusus bagi daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh transportasi.

loading...

LEAVE A REPLY