Tahun Ini, Pemdes Uma Beringin Bangun PAUD Lewat Dana Desa

0
52
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes, pada tahun 2019 ini, mendapat alokasi dana desa sebesar Rp 1,3 Miliar. Nilai ini mengalami peningkatan sekitar Rp 100 juta dibanding tahun 2018 lalu, yakni Rp 1,2 Miliar. “Alhamdulillah, ada sedikit peningkatan dana desa yang kita terima tahun ini,” kata Kepala Desa Uma Beringin, Suraiman.
Untuk sasarannya nanti ia menegaskan, tetap digunakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat yang ada di wilayahnya. Porsinya 50 : 50.
Pengunaan dana desa ini pun menurutnya, sudah dirapatkan melalui musyawarah tingkat dusun dan hingga tingkat desa. Sekarang tinggal dibuatkan RAB nya saja.
Dikatakan Suraiman, salah satu pembangunan fisik yang harus direalisasikan tahun ini adalah, pembangunan gedung PAUD. Untuk tanahnya, sudah diadakan tahun 2018 lalu. Lokasinya berada di Dusun Uma Kopang. “Untuk gedung PAUD ini, kita sudah siapkan anggaran Rp 150 juta,” sebutnya.
Desa Uma Beringin, memang sudah memiliki PAUD. Tapi itu milik yayasan. Meski demikian, honor tenaga pendidik (tendik) PAUD yang dikelola oleh yayasan tersebut, tetap disediakan oleh pemdes. “PAUD yang kita bangun nanti itu, murni milik desa. Yang kelola juga desa. Untuk tendiknya, nanti kita cari masyarakat yang ada di Desa Uma Beringin,” tandasnya.
Selain PAUD, masyarakatnya juga banyak mengusulkan agar jalan lingkungan dan drainase yang ada di tiga dusun, dapat diperbaiki oleh pemdes pada tahun 2019 ini.
Lalu bagaimana dengan pemberdayaan masyarakatnya ? Untuk masalah yang satu ini tambah Suraiman, pemdes akan berupaya menghidupkan kembali program Bank Sampah. Program ini pada tahun 2015 lalu, sempat ada. Namun, berhenti di tengah jalan, karena terputusnya proses pembinaan.
Untuk mewujudkan kembali program Bank Sampah ini, Pemdes Uma Beringin, berencana menyiapkan satu unit kendaraan roda tiga. “Kita coba siapkan satu unit dulu, karena ruang lingkup Desa Uma Beringin juga tidak terlalu besar. Untuk program Bank Sampah ini nanti kita serahkan pengelolaannya kepada TP PKK Desa Uma Beringin,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY