Siap-Siap, USBN SD/MI Digelar Tanggal 22—24 April 2019

0
146
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Bukan hanya jenjang SMP/MTs saja yang sudah merilis jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2018/2019. Tingkat SD/MI baik negeri maupun swasta juga sudah melakukan hal yang sama.
Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SD, Muhklis, SPd, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD/MI, mulai dilaksanakan dari tanggal 22—24 April. “Itu ujian utamanya. Kalau susulan, tanggal 26—30 April,” sebutnya.
Ujian jenjang SD/MI ini hanya mengujikan tiga mata pelajaran. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.
Untuk data peserta ujian tahun ini Muhklis, mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan. Begitu juga dengan jumlah sekolah penyelenggaranya.
Namun, ia memprediksikan angkanya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Sebagai acuannya, tahun lalu untuk SD ada 347 sekolah penyelenggara dengan peserta sebanyak 7673. Sedangkan MI 27 madrasah penyelenggara dengan jumlah peserta ujian 528. “Untuk tahun ini, jumlahnya sedang kami data. Bisa berkurang, bisa juga bertambah,” kata Muhklis.
Yang pasti sambungnya, data tentang sekolah penyelenggara dan peserta ujian ini mesti kelar bulan Januari. Karena bulan Februari nanti, Daftar Nominasi Sementara (DSN) sudah harus dicetak. Di bulan yang sama, ia juga menargetkan Daftar Nominasi Tetap (DNT), harus sudah tuntas.
Dalam melakukan pendataan, Muhklis, mengatakan kendala memang sering terjadi. Seperti, belum lengkapnya data sekolah karena tidak mencantumkan berbagai persyaratan, salah satunya Nomor Induk Seklah, saat menyampaikan laporan Dapodiknya ke server pusat. “Karena belum lengkap, aplikasi data online tidak mau menerimanya. Data ini pun dikembalikan lagi ke Dikbud, untuk kemudian diserahkan kembali ke sekolah bersangkutan. Ini kendala kita di lapangan. Belum lagi masalah server yang bisasnaya tidak langsung merespon saat seklah melakukan validasi data,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY