Peningkatan Ekonomi, Desa Dorong BUMDes Kelolah Sarana Umum

0
183
loading...
loading...

Jereweh, Gaung NTB
Kepala Desa Goa Kecamatan Jereweh, Mahyudin, mendorong Bumdes mampu menopang ekonomi masyarakat dengan ketersediaan fasilitas umum kendati belum sepenuhnya ada.
Tampaknya, apa yang dikemukakan Kades tersebut sejalan dengan Kemendes mengeluarkan Permendes No. 4 Tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), yang memberikan payung hukum bagi Pemerintah Desa dalam mendirikan dan mengembangkan BUMDes di desa masing-masing untuk mendorong peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa.
Dalam hal ini Pemdes berkomitmen agar badan usaha milik desa dapat berjalan dan aktif melakukan terobosan sembari menyesuaikan sarana kebutuhan lainnya, ucapnya.
Menurut Mahyudin, sama halnya dengan penyediaan Truk Sampah saat ini, BUMDes juga harus mampu memberikan inovasi agar tidak monoton pada pekerjaan yang satu.
Pemdes berharap ada dobrakan lain selain pengangkutan sampah contohnya menerima penyewaan jasa angkut hasil pertanian dan lainnya. “Disini pemdes berkewajiban mengeluarkan aturan Peraturan Desa (Perdes) terkait diberlakukan retrebusi sesuai kapasitas muatan dan masanya, misalnya sampah perbulannya akan di berlakukan penarikan retrebusi. Ini pun sesuai keputusan rapat bersama,” jelasnya.
Selain Retrebusi lanjut Mahyudin, masyarakat akan diberikan saksi adminitrasi bagi yang membuang sampah bukan pada tempatnya.
Pemdes mengeluarkan kebijakan tersebut berdasarkan hasil rapat mufakat yang berlangsung akhir Desember 2018.
Selanjutnya target 2019, Desa Goa khususnya mampu menjadi desa bebas buang sampah sembarangan, dengan adanya truk yang disediakan.

loading...

LEAVE A REPLY