Pemdes dan BPD Desa Goa Inisiasi Kendaraan Pengangkut Sampah 

0
128
loading...
loading...

Jereweh, Gaung NTB
Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan, menjadi tolak ukur masyarakat dalam pemenuhan standar kesehatan.
Untuk memacu itu semua, pemerintah Desa Goa bersama Badan Permusyawaran Desa (BPD) menginisiasi anggaran Dana Desa (DD) tahun 2018 menyediakan kendaraan khusus pengangkut sampah rumahan.
Kendaraan yang berjenis L-300 merk Izusu Traga yang di modifikasi menjadi mini Dum Truk berkapasitas muat sampah 2,5 ton dengan total anggaran 262.000.000 rupiah.
Menjadi alasan pemdes menyediakan truk sampah sebagai acuan dari keluhan masyarakat setempat. “Sehingga setelah melakukan rapat bersama BPD dan toko masyarakat awal tahun 2018 pemdes menganggarkan mengadaan Truk Sampah milik desa,” ujar Kepala Desa Goa Mahyudin.
Mahyudin mengakui, keberadaan truk sampah tersebut dapat menjawab permasalahan masyarakat terhadap banyaknya titik dimana tumpukan sampah berserakan termasuk wilayah sungai.
Alasan masyarakat jelas, karena penyediaan truk sampah yang ada saat ini belum maksimal sehingga perlu ada pemikiran lain.
Karena itu, pemdes segera menyediakan truk sampah atau Mini Dum Truk tersebut. Operasi truk sampah sudah di launcing atau mulai berjalan pada akhir tahun 2018 lalu, bersama unsur Polri, TNI dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Laporan terakhir sampah di seluruh areal perumahan masyarakat mampu diangkut dengan satu kali jalan,” tandasnya.
Mahyudin menambahkan, dari jumlah Anggaran 2018 desa sisipkan untuk penyediaan fasilitas umum dengan sumber Dana Desa total anggaran 262.000.000 rupiah, target pekerjaan pengelolahan sampah dan fasilitas umum lainnya.
Target tahun 2019 ini, desa akan menyediakan bak sampah di beberapa titik jalur lintasan pada setiap dusun. Sejauh ini sampah hanya terpilah berdasarkan jenisnya apakah dapat jual kembali dan yang tidak terjual selanjutnya di buang ke TPA umum Maluk – Jereweh. “Untuk mengkampanyekan kepada masyarakat terhadap pentingnya kebersihan Pemdes beserta unsur lainnya melakukan gotong royong umum, Selasa (1/19) kemarin pusatnya pada area sungai selokan dan tempat-tempat yang biasa sampah tertimbun, ” tutupnya.

loading...

LEAVE A REPLY