Kecamatan Lantung akan Pasang Portal Pengamanan Hutan

0
134
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Untuk mengantisipasi adanya pengambilan hasil hutan secara ilegal, sekaligus untuk mengantisipasi adanya kasus ilegal logging di Kecamatan Lantung, pemerintah Kecamatan Lantung, KPH Ropang, Kepolisian, TNI, Satop PP, Kecamatan, dan Masyarakat, bersepakat untuk membangun Portal di Kecamatan Lantung, yang akan dibangun di Depan Kantor Camat Lantung, hal ini disampaikan Camat Lantung Iwan Sofyan kepada Gaung NTB, kemarin.
Kesepakatan tersebut disepakati jelas Iwan, pada saat kegiatan hearing yang digelar di Aula KPH Ropang dengan melibatkan berbagai pihak terkait.
Selain itu sambung Iwan, dalam pertemuan itu juga disepakati beberapa hal penting lainnya antara lain melaksanakan Operasi Gabungan yang secara teknis dilaksanakan oleh KPH Ropang, kemudian akan dilakukan penyiapan bibit dan konservasi lahan secara berkesinambungan hingga beberapa tahun kedepan. Juga direncanakan untuk dilakukan normalisasi sungai, mengingat beberap tahun lalu salah satu desa di Kecamatan Lantung menjadi korban banjir.
“Saya kita rekomendasi yang kami sepakati itu sangat strategis dan bersifat emergency,’ ujarnya.
Oleh karena itu untuk melaksanakan pengamanan hutan tersebut menurut Iwan, dibutuhkan komitmen kuat dari semua unsur terkait.
Rekomendasi tersebut jelas Iwan secara moral dan fundamental terkait tupoksi dan peran semua pihak.
Lebih lanjut disampaikan Iwan, bahwa pertemuan tersebut sebenarnya diinisiasi karena adanya dorongan dan dukungan pemuda, mahasiswa Kecamatan Lantung dan LSM Lingkar Hijau yang meminta agar KPH Ropang segera mengambil sikap terkait dengan masalah penanganan hutan yang terjadi di Kecamatan Lantung. “Kita akan kawal bersama-sama secara terintegrasi apa yang telah kita sepakati bersama dalam pertemuan tersebut,” demikian Iwan Sofyan.

loading...

LEAVE A REPLY