Sosialisasi Kebijakan Kearsipan, Harapkan OPD Mahir Pilah Arsip

0
180
loading...
loading...

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Hirawansyah Atta SH, MH, meminta masing-masing OPD menyiapkan tenaga khusus untuk pengelolaan arsip.
Hal itu disampaikannya di sela-sela pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Kearsipan Daerah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), di Aula Kebun Hijau Taliwang, Jum`at (07/12).
Kegiatan itu sendiri diikuti puluhan peserta dari masing masing OPD lingkup Pemda KSB.
Hirawansyah mengatakan pentingnya OPD menyiapkan petugas pengelolaan Arsip agar arsip atau dokumen di tiap OPD dimaksudkan agar tertata dengan baik dan rapi.
Penting bagi masing masing OPD untuk menyiapkan tenaga khusus pengelola Arsip, karena arsip memiliki banyak manfaat “Saking bermanfaatnya arsip, ada beberapa ASN di lingkup Pemda KSB, yang terselamatkan karena ada nya Arsip atau dokumen kegiatannya,” beber, Hirawansyah.
Bercermin dari manfaat tersebut, Ia meminta masing masing OPD bisa menyiapkan tenaga pengelola arsip. Mengingat sebelumnya, Bupati KSB di beberapa tempat pernah meminta selembar dokumen penting, ironisnya untuk memperoleh dokumen selembar itu memakan waktu satu minggu lamanya. “Lambatnya ditemukan dokumen ini berujung pada pernyataan Bupati yang menyebutkan KSB Daeurat Arsip,” tandasnya.
Terlebih lagi soal pengelolaan arsip ketentuannya sesuai UU No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bisa di implementasi kan untuk pengolahan arsip yang baik dan benar di masing masing OPD.
Yang mana untuk pembagian urusan pemerintah bidang kearsipan, Meliputi Arsip Dinamis ada yang aktif dan in aktif. “Sosialisasi ini dinilai perlu lantaran sampai saat ini belum ada tekhnologi canggih memilah arsip, terlebih lagi kalau di database nya belum di benahi,” demikian Hirawansyah.

loading...

LEAVE A REPLY