SDIT Insan Qurani Sumbawa Diakreditasi

0
64
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Menjadi sekolah terakreditasi merupakan impian setiap sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Qurani Sumbawa.
Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) melakukan visitasi Akreditasi di SDIT Insan Qurani Sumbawa belum lama ini.
Tim Asesor terdiri dari Husein SPd.I dan Hj. Siti Rahma. Mereka telah melakukan kegiatan verifikasi selama dua hari mulai tanggal 27 hingga 28 November 2018 yang lalu yang langsung didampingi Kepala SDIT IQ, Sudirman, SPd.I
Kepala SDIT IQ Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap program akreditasi yang diadakan pemerintah, karena program ini akan meningkatkan mutu pendidikan yang dijalankan khususnya di SDIT IQ.
Akreditasi jelasnya, adalah sebuah bukti penilaian dari pemerintah tentang prestasi sebuah sekolah, semakin baik penilaian yang dicapai akan semakin menambah kepercayaan masyarakat terhadap sekolah ini. Ustad Dirman—sapaan Kepala SDIT IQ SD Sumbawa berharap Tim Asesor dapat memberikan masukan, kritikan, serta motivasi agar SDIT IQ dapat menjadi sekolah yang sesuai dengan standar penilaian Badan Akreditasi Nasional.
Sementara itu Tim Asosor Husein, SPd.I, dalam kesempatan itu menyampaikan kepada guru dan staf SDIT IQ bahwa SDIT IQ sangat beruntung bisa melaksanakan akreditasi sebelum mempunyai lulusan.
Sekolah yang sudah terakreditasi, jelasnya sudah dapat melaksanakan Ujian Nasional sendiri dan bisa mengeluarkan ijazah yang ditandatangani langsung oleh kepala sekolah SDIT IQ
Lebih lanjut disampaikan bahwa kedatangan Tim Akreditasi ke sekolah ini bertujuan untuk memverifikasi atau mencocokkan Data EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang telah dimasukkan sebelumnya secara online.
“Penilain sebenarnya telah selesai setelah membaca Data EDS, tapi berikutnya tinggal membuktikan apakah memang benar apa yang dipaparkan didukung dengan bukti-bukti yang lengkap dan sesuai dengan fakta di lapangan,” ujarnya.
Dalam visitasi tersebut Tim Asesor melakukan observasi pengajar di setiap kelas dilanjutkan dengan memeriksa 8 standarisasi menuju sekolah terakreditasi yakni Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian.
Setelah melakukan rangkaian verifikasi seperti melihat bukti-bukti dokumen, melihat kondisi lingkungan sekolah, dan observasi kelas, Tim Asesor menilai bahwa SDIT IQ layak mendapatkan sebutan “Sekolah Terkreditasi” selanjutnya untuk klasisifikasi akreditasinya apakah A, B, atau, C akan disampaikan setelah data-data temuan disampaikan ke pusat.
Ekspresi bahagia dan senang terlihat di  wajah guru dan staff SDIT IQ setelah berakhirnya rangkaian visitasi yang dilakukan oleh Tim Asesor.

loading...

LEAVE A REPLY