Puskesmas We Care

0
105
loading...
loading...

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Sejak didirikannya Puskesmas di Kecamatan Sekonkang, banyak manfaat yang diperoleh warga terkait dengan kesehatan masyarakat di tiga desa, yakni Sekongkang Atas, Sekongkang Bawah dan Desa Kemuning.
Masyarakat jelas terbantu dengan pelayanan di puskesmas, apalagi tidak di pungut biaya sepeserpun. Ini terkait dengan program sehat Kabupaten Sumbawa Barat.
Kepedulian Puskesmas Sekongkang, terlihat dengan adanya berbagai kegiatan yang di programkan selama ini. Diantaranya program Prolanis yaitu mengundang masyarakat untuk datang mengikuti kegiatan rutinnya antara lain, senam, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Program ini wajib dari BPJS.
Kepala Puskesmas Sekongkang, Ernawati menerangkan, pihaknya juga mempunyai program untuk mengundang dan mengajak masyarakat untuk aktif dalam klas undangan, klas Ibu hamil, klas Ibu dan Balita Refresing Kader Kesehatan. “Alhamdulillah, program ini disambut baik oleh masyarakat di sini,” ujarnya,
“Sedangkan untuk kegiatan tri wulan, kami mempunyai program Lintas Sektoral. Kegiatan ini didukung oleh bapak camat beserta istri, bapak kades dan istri, Bimas serta bapak-bapak dari Koramil,” lanjutnya.
Kekurangan yang harus segera dilengkapi adalah personil yang harus di tambah, karena  semua merangkap pekerjaan yang lain.
Sopir ambulan juga belum ada, ini sering terjadi masalah  tatkala ada pasien kritis yang harus dirujuk ke rumah sakit kota atau propensi masih mencari sopir yang bisa sedangkan pasien perlu secepat mungkin penangananya. “Puskesmas kami punya moto “Semakin sedikit kunjungan orang sakit semakin bagus karena puskesmas bertujuan mencegah orang sakit,” sebutnya.
Kalaupun banyak kunjungannya yang diharapkan adalah kunjungan konsultasi kesehatan.
Masyarakat diharapkan selalu membantu dan merespon positif kegiatan yang di jalankan oleh puskesmas. Agar masyarakat mendapatkan pendidikan kesehatan lewat program Puskesmas. Seperti informasi tentang penyakit mematikan seperti Stroke, Diabetes, Hipertensi dan lain-lain. “Ini tidak boleh dianggap remeh. Coba kita perhatikan berapa orang mati setiap harinya lantaran penyakit-penyakit ini,” paparnya.
Menyadarkan orang untuk sadar akan kesehatan memang tantangan bagi petugas kesehatan terutama di tingkat Puskesmas. Disini masyrakat diharapkan sadar betapa pentingnya peran puskesmas di tengah masyarakat.
Dan jangan dipandang remeh. Untuk itu diharapkan seluruh warga di Kabupaten sumbawa Barat (KSB), selalu merapat dengan Puskesmas agar tetap bisa menjaga kesehatan dirinya dan keluarga. Puskesmas We Care.

loading...

LEAVE A REPLY