Bupati KSB Terapkan Yasinan Pola Baru

0
89
loading...
loading...

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Forum Layanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan) kali ini. Sebelumnya pelaksanaan Yasinan dilaksanakan dengan metode setiap malam Jumat masyarakat datang ke kediaman bupati untuk mengadukan permasalahannya, namun konsep barunya yakni Bupati beserta jajarannya yang datang mengunjungi masyarakat untuk mendengarkan dan melihat langsung kondisi keseharian masyarakat.
Dengan metode seperti ini diharapkan masyarakat yang dulunya sungkan atau malu untuk berbicara di depan umum bisa lebih berani untuk mengemukakan pendapatnya.
“Masyarakat yang dulunya tidak biasa datang ke kediaman bupati akhirnya sekarang bisa langsung bertemu bupati sehingga hubungan antara rakyat dan pemimpinya yang memang sudah sangat dekat bisa menjadi lebih mesra lagi.
Bupati Sumbawa Barat Dr Ir HW Musyafirin, MM. mengemukakan bahwa pemerintah ada untuk sebuah pengaturan dan untuk melaksanakannya diperlukan aturan. “Jadi kami ingin memastikan bahwa aturan yang melayani masyarakat benar-benar terlaksana,” katanya.
Selanjutnya Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kondusivitas, karena gangguan kondusivitas dapat menghambat pelaksanaan pembangunan di KSB. “Situasi yang tidak kondusif bisa mengganggu investasi yang sedang berjalan,” ujarnya.
Bupati juga mengingatkan kepada para ASN dan agen gotong royong agar tidak menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan masyarakat. “Saya minta ASN dan perangkat PDPGR, dalam pelaksanaan tugasnya jangan dicampur dengan kepentingan politik,” Kata bupati mengingatkan. ASN dalam melaksanakan tugasnya kata Bupati harus berpatokan pada aturan kepegawaian, mulai dari undang-undang hingga Pemda. Agen Gotong Royong menjalankan tugasnya berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2016 tentang PDPGR diperkuat dengan Peraturan Bupati turunannya.
“Semua ada batasan-batasan yang harus dipatuhi sehingga tugas-tugas yang diemban bisa terlaksana dengan baik,” tandasnya.
Sementara itu Kapolres Sumbawa Barat Mustafa, SIK MH dalam laporannya menyampaikan bahwa secara umum kondisi KSB aman. Kejadian kriminal pasca gempa relatif tidak ada. Hanya saja lanjutnya, beberapa waktu lalu ada satu kasus narkoba yang ditangani, pelakunya sudah ditangkap dan sedang diproses.
Untuk membantu menjaga kondusivitas wilayah Kapolres sudah menugaskan seluruh Bhabinkamtibmas untuk bertugas di semua desa dan kelurahan di KSB.  “Babinkamtibmas saya serahkan penuh ke Kades. jika ada yang macam-macam laporkan ke saya,” pinta Kapolres KSB.

loading...

LEAVE A REPLY