Pelajar SMKN 3 Sumbawa Jadi Finalis Lomba Karya Tulis 2nd Youth Creation Tingkat Asia Tenggara

0
43
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Prestasi membanggakan berhasil ditunjukkan pelajar SMK Negeri 3 Sumbawa. Salah satu siswa di sekolah bersangkutan, Andrian, berhasil menjadi 10 finalis terbaik karya ilmiah remaja pada lomba 2nd Youth Creation tingkat Asia Tenggara.
Untuk diketahui lomba yang diselenggarakan oleh Seameo Recfo, salah satu unit kegiatan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkedudukan di Thailand ini, difokuskan pada pengembangan produk inovasi dalam upaya pengentasan masalah makanan dan gizi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Di lomba tersebut, pelajar kelas XII jurusan Administrasi Perkantoran ini, menampilkan karyanya dengan judul The Uses Of Fish (Scomberomorini and Euthynnus Affinis) Waste As Nutritious Food Product”. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, karya ilmiah Andrian ini berjudul, Pemanfatan Limbah Ikan (tulang Tongkol dan Tenggiri) Sebagai Produk Nutrisi Makanan.
Atas prestasinya ini, Andrian bersama 9 finalis lainnya diundang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya ke Jakarta, tanggal 14—17 Oktober mendatang. Dalam keberangkatannya, Andiran akan didampingi oleh guru pembina KIR, Siti Nur Aisyah, S.Pd.,MSA.
Andrian menuturkan, penemuannya ini berawal dari dilihatnya banyak orang memakan ikan, lalu tulangnya dibuang begitu saja. Kemudian ia beinisiatif melakukan penelitian. Tulang ikan itu diolah menjadi tepung setelah itu dijadikan kerupuk. Hasilnya, kerupuk itu ternyata memiliki nilai kandungan calsium yang cukup tinggi.
Hasil penilitiannya itu kemudian dituangkan dalam bentuk proposal dan dikirim ke pihak penyelenggara. Hasilnya, dia masuk 30 besar dan selanjutnya menempati 10 besar se Asia Tenggara. “Proposal saya sempat masuk 30 besar. Alhamdulillah, setelah diseleksi lagi, masuk 10 10 besar bersama beberapa sekolah lainnya di Asia Tenggara,” kata Andrian.
Sementara itu, Kepala SMKN 3 Sumbawa Jayadi, M.Pd, mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya ini. Lewat kegiatan ini, ia berharap kelak muncul peneliti-peneliti baru, yang mampu mengangkat nama sekolah dan daerahnya.
Kepada Andrian, ia berpesan untuk menyiapkan diri sebaik mungkin, agar di lomba nanti dapat memberikan hasil terbaik. “Kami mohon do`a seluruh masyarakat supaya Andrian mampu memberikan yang terbaik di lomba ini. Keberhasilan Andrian ini, saya harapkan juga jadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk meraih prestasi diberbagai bidang,” tandasnya.
Sekedar diketahui, SMKN 3 Sumbawa, sekolah lainnya yang masuk 10 besar finalis dalam lomba ini adalah, Chung Ching Middle School dari Brunei. Sura Nari Witthaya Thailand. SMK Negeri I Purwosari Indonesia, SMAN 2 Kendari Indonesia, SMAN 1 Kendal Ngawi Indonesia, SMA Taruna Nusantara Indonesia, SMAN 1 Sumbawa Besar Indonesia, SMK Sanzac KK Malaysia, dan Regional Science High School III The Philippnnes.

loading...

LEAVE A REPLY