Dinas Dikbud Sumbawa Latih 96 Guru SD

0
82
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTb
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, memberikan pelatihan pengembangan kurikulum terhadap 96 guru SD se Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang di pusatkan di Hotel Cirebon ini, berlangsung dari tanggal 8—10 Oktober 2018. “Pesertanya Ketua KKG beserta para guru pemandu Muatan Lokal Budaya Samawa,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Pembinaan SD, Junaidi, MPd.
Melalui pelatihan selama tiga hari iini kata Jun, sapaan akrabnya, peserta harus memahami mindset muatan lokal terkait dengan pelajaran Budaya Samawa.
Ia mencontohkan, dalam konteks ini, para guru harus paham mulai dari sejarah Samawa, falsapah hidup Tau Samawa (Masyarakat Sumbawa), keanekaragaman masyarakat, permainan rakyat, seni dan budaya tradisional Samawa hingga potensi alam serta potensi sosialnya.
Tanpa pemahaman tersebut, lanjut dia, maka capaian serta tujuan dari mata pelajaran tersebut akan sulit dicapai. “Intinya dengan adanya pelatihan ini,
mereka paham kemana arah pelajaran budaya Samawa ini,” terangnya.
Tak hanya itu kata dia, dalam kegiatan ini para guru juga dilatih menyusun silabus, dan RPP yang menjadi acuan operasional pembelajaran. “Dalam pelatihan ini diharapkan ada Peer Teaching atau simulasi pembelajaran. Bagaimana guru mengajar mapel budaya Samawa, sehingga goolnya nanti, setiap KKG dapat melatih guru di wilayah kerja masing-masing,” lanjutnya.
Di samping pemahaman konten, para guru juga dituntut untuk memahami regulasi. Sebagaimana tertuang dalam Perbup No. 94 tahun 2017 tentang Penetapan Mata Pelajaran Budaya Samawa, khususnya jenjang SD dan SMP.

loading...

LEAVE A REPLY