PKG PAUD Kecamatan Moyo Hilir Berbenah Diri Melalui Diklat

0
238
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
PKG Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Moyo Hilir gelar Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang Tingkat Dasar tahun 2017, yang berlangsung di Aula SDN Songkar Kecamatan Moyo Utara.
Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari dari tanggal 4 hingga 8 November 2017.
Ketua Panitia Kegiatan Peningkatan Komptensi Pendidik PAUD Formal dan Non Formal, Tanti Ilangi, dalam laporannya menyampaikan bahwa posisi stragis PAUD dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia, Indonesia kedepan membtuhkan tenaga pendidik yang benar-benar memiliki kompetensi.
Kesadaran masyarakat membangun PAUD jelasnya, didasari atas motifasi dan kesadaran akan pentingnya pendidikan sebagai salah satu strategi pembangunan bangsa, namun disatu sisi belum terdukung oleh ketersediaan Tenaga Pendidik yang kualified.
Disampaikannya bahwa Diklat tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan membentuk sikap profesionalisme pendidik di lapangan dalam menuelenggarakan pelayanan PAUD, kemudian memberikan wawasan lebih mendalam tentang kecerdasan anak yang harus dikembangkan serta meningkatkan kualitas dalam penyelengaraan proses pembelajaran kepada pendidik sebagai sasaran program pendidikan dan pelatihan.
Selain itu juga dilaporkanya bahwa kegiatan itu diikuti 40 orang peserta yang terdiri dari 30 orang dari Tenaga Pendidik PAUD Non Formal dan 10 orang dari PAUD Formal, yang berlangsung di Aula SDN Songkar Kecamatan Moyo Utara. Kegiatan tersebut diahdiri Camat Moyo Hilir dan Camat Moyo Utara, para pengawas TK, PAUD Kecamatan Moyo Hilir.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sudirman, SPd, dalam arahannya menyampaikan bahwa pendidikan yang berkualitas itu adalah pendidikan yang disiapkan sejak dini. Bahkan katanya, bukan saja ketika sang anak diantar dan dididik di dalam lembaga PAUD, tetapi dimulai sejak prenatal. Oleh sebab itu kata Sudirman, peran pendidik PAUD harus memiliki pengetahuan yang mendalam untuk memahami potensi dan kemampuan peserta didik.
Dinas Dikbud sebagai leading sektor pendidikan di Kabupaten Sumbawa menurut H Sudirman, memiliki keterbatasan yang menjadi tantangan sekaligus peluang bagi masyarakat untuk mengambil bagian dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia kedepan.
Usaha dan inisitiatif Gugus PAUD Kecamatan Moyo Hilir yang menyelenggarakan kegiatan Diklat berjenjang itu menurut H Sudirman, patut diapresiasi dengan harapan agar semangat belajar dan berusaha meningkatkan keterampilan dan kemampuan mendidik ini tidak hanya sebatas Diklat dan pelatihan saja, tetapi selalu aktif mencari dan menemukan sumber belajar lainnya.

loading...

LEAVE A REPLY