Pendataan Peserta PPG Dalam Jabatan 2018 Berakhir 20 November 2017 Dinas Dikbud Sumbawa Ingatkan Guru Rajin Buka Situs PKB

0
60
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Program sertifikasi guru mulai tahun 2018 mendatang, sudah tidak ada lagi. Tapi guru-guru yang belum mengikuti sertifikasi jangan cemas dulu. Program ini tetap ada, namun hanya berganti istilah menjadi Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Karena telah berganti kostum, tentulah pola yang diterapkan dalam PPG nanti ada sedikit perbedaan dengan mekanisme yang diterapkan dalam sertifikasi guru selama ini. “Mulai 2018 nanti, sudah tidak ada sertifikasi lagi. Istilahnya sudah diganti dengan PPG. Calon peserta untuk PPG dalam jabatannya tahun 2018 sedang didata,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Pembinaan Ketenagaan, M Ali, HK, SPd, MPd.
Dijelaskan Ali, PPG dalam jabatan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut PP No. 19 Tahun 2017 tentang Guru, menyatakan bahwa bagi guru dalam jabatan yang diangkat sampai akhir tahun 2015, dan sudah memiliki kualifikasi S1/DIV, tetapi belum mempunyai sertifikat pendidik, dapat memperolehnya melalui PPG. “Guru calon peserta PPG ini, diambil dari Dapodik per 31 Juli 2017. Data ini sudah dimasukkan ke aplikasi pendataan calon peserta PPG dalam jabatan,” terangnya.
Data calon peserta yang dimasukkan dalam aplikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini, adalah guru-guru yang belum disertifikasi namun sudah berkualifikasi S1/DIV. “Tugas kementerian memasukan data calon peserta ke aplikasi sudah dilakukan. Sekarang tinggal tugas guru melakukan konfirmasi kesediaannya menjadi calon peserta PPG,” kata Ali.
Untuk mengkonfirmasi kesediaannya menjadi calon peserta PPG, guru-guru dipersilakan masuk ke dalam aplikasi melalui SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dengan menggunakan akun masing-masing. Semua informasi lengkap seputar kegiatan pelaksanaan PPG tersaji di situs tersebut.
Mengenai jadwal pendataan, Ali, menambahkan dilaksanakan mulai tanggal 1 November dan berakhir 20 November 2017.
Terkait hal itu, ujar Ali, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, H Sudirman Malik, SPd, telah menghimbau kepada semua guru di wilayah Kabupaten Sumbawa, baik PNS maupun Non PNS, agar sennatiasa membuka akun PKB ini, minimal tiga kali seminggu.

loading...

LEAVE A REPLY