Dikes Sumbawa Siap Sukeskan HKN ke 53 Tahun 2017

0
355
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sejumlah kegiatan menarik sudah dipersiapkan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, untuk memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2017.
Semua kegiatan yang dilaksanakan kelak, sifatnya mendorong masyarakat untuk terbiasa menerapkan Pola Hidup Sehat (HPS), dalam kerangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).
Kegiatan yang mulai digelar dari tanggal 6—16 November ini juga, sesuai tema HKN yang diusung yakni “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.
Untuk tanggal 6—11 November sebut Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, Drs H Naziruddin, MSi, ada kegiatan lomba photography yang pesertanya berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Dalam lomba ini setiap peserta harus dapat memunculkan karya fotography nya, yang menunjukkan tentang Germas.
Berikutnya ada kegiatan gerak jalan sehat yang dilaksanakan tanggal 9 November. Semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumbawa, institusi pendidikan kesehatan, rumah sakit, klinik swasta, apotik serta organisasi profesi dipastikan ikut. Dalam lomba ini seluruh peserta wajib menyampaikan yel-yel tentang kesehatan.
Keesokannya atau tanggal 10 November, dilaksanakan Senam Cerdik Germas.
Dihari yang sama kata H Naziruddin, didampingi Sekretaris Dikes, yang juga Ketua Panitia HKN, Junaidi, SSi, MSi, digelar kegiatan lomba mewarnai bagi siswa PAUD/TK.
Untuk siswa tingkat SD, juga digelar kegiatan penyuluhan kesehatan tanggal 11 November. Di tanggal yang sama, ada juga kegiatan yang diperuntukkan bagi siswa tingkat SMP dalam bentuk pidato remaja. Selanjutnya ada kegiatan cipta menu berbahan jagung, yang juga dilaksanakan pada hari yang sama. “Tanggal 12 November ada kegiatan senam dan jalan sehat. Selain untuk mengkampanyekan Germas, kegiatan yang diikuti semua perangkat daerah, pelajar, mahasiswa dna masyarakat umum ini sebagai upaya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memecahkan rekor Muri,” terangnya.
Bukan hanya kegiatan yang bersifat lomba, menurut H Naziruddin, kegiatan bersifat bakti sosial juga digelar Dikes Sumbawa, demi memeriahkan HKN kali ini. Pada tanggal 14 Novermber, akan digelar kegiatan khitanan missal dan donor darah. Sementara tanggal 18—19 November, dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan pelayanan kesehatan gratis di Labangka III. “Nanti saat resepsi HKN tanggal 16 Novermber, kita akan melounching Public Safety Centre (PSC) atau Pelayanan Ambulan 119. Selain Dikes, PSC ini juga melibatkan Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Lokasi PSC ini nantinya di pusatkan di Rumah Sakit,” tandasnya.
Terkait Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini, H Naziruddin, berharap momentum tersebut dapat dijadikan masyarakat untuk lebih sadar tentang menjaga kesehatan. Ini perlu disampaikan karena paradigm kesehatan yang ingin dikembangkan sekarang ini, bukan lagi tentang bagaimana mengobati orang sakit saja. Tetapi menjaga orang sehat agar tidak sakit.
Karena itu, ia berharap masyarakat dapat terus menerapkan Pola Hidup Sehat (HPS), karena pengalaman selama ini banyak penyakit yang diderita oleh masyarakat akibat pola hidup yang kurang sehat. “Pola penyakit mematikan tidak lagi didominasi penyakit menular. Tapi sudah bergeser didominansi oenyakit tidak menular seperti stroke, hipertensi, kencing manis, kanker dan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY