Bagian Hukum Setda Sumbawa Sukses Gelar Kadarkum

0
52
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Bagian Hukum Setda Sumbawa yang didukung sejumlah instansi vertikal seperti Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri BPN Sumbawa, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa, dan sejumlah instansi lainnya, sukses menggelar kegiatan Kadarkum di sejumlah desa.
Kegiatan rutin yang digelar Bagian Hukum Setda Sumbawa ini tidak lain untuk memberikan pemahaman dan kesadaran hukum kepada kelompok masyarakat dengan harapan menjadi masyarakat yang taat dengan aturan hukum yang ada.
Kasubag Dokumentasi dan Informasi Hukum Bagian Hukum Setda Sumbawa, Sirajuddin SH, kepada Gaung NTB, Jum’at (10/11) lalu, menyampaikan bahwa kegiatan Kadarkum tersebut berlangsung di 6 desa dan kelurahan meliputi Desa Jorok Kecamatan Utan, Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Badas, Desa Lopok Kecamatan Lopok dan Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara dan Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa.
Disampaikan Sirajuddin, bahwa kegiatan tersebut digelar dengan harapan masyarakat akan memiliki kesadaran hukum, kemudian untuk menciptakan supremasi hukum di tengah-tengah masyarakat Sumbawa.
Disamping itu jelasnya, melalui kegiatan Kadarkum yang disampaikan kepada kelompok masyarakat hukum ini, mereka nantinya dapat menjadi penyambung lidah pemerintah untuk melakukan advice hukum di tengah-tengah masyarakat.
Dalam kegiatan tersebut jelasnya, Bagian Hukum Setda Sumbawa melibatkan sejumlah instansi vertikal sebagai narasumber meliputi Kejaksaan Negeri Sumbawa, Pengadilan Agama Sumbawa, PN Sumbawa, BPN Sumbawa, BNN, Bappenda, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepolisian.
Dalam penyampaikan narasumber, jelas Sirajuddin, diantara materi yang disampaikan antara lain, menyangkut perlindugn anak dan perempuan, kemudian menyangkut maslaah pelestarian lingkungan hidup. Disamping itu juga menyangkut masalah perkawinan dibawah umum, Kamptibmas, narkoba dan lain beberapa materi lainnya.
Kegiatan Kadarkum ini menurut Sirajuddin, mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat, hal itu terlihat dari sangat proaktifnya masyarakat dalam mengkuti kegiatan tersebut, bahkan mereka sangat antusias memberikan berbagai pertanyaan dan menyanmpaikan permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Mereka juga berharap katanya, kegiatan Kadarkum ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.
“Kami berharap melalui kegiatan Kadarkum ini akan lahir masyarakat yang paham dan mengerti serta taat akan aturan hukum sehingga kedepan masyarakat Sumbawa menjadi masyarakat yang hebat dan bermartabat,” demikian Sirajuddin. (Gac)

loading...

LEAVE A REPLY