Akademi Komunitas Sumbawa Wisudakan 96 Mahasiswa

0
105
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Sebanyak 96 orang mahasiswa Akademi Komunitas Sumbawa, Program Studi Diluar Domisili (PDD) Sumbawa Politeknik Pertanian Negeri Kupang (PNK), mengikuti Wisuda Ahli Muda Angkatan ke-IV, yang berlangsung di Aula SMK Katholik Sumbawa Besar, Kamis (02/11).
Para Wisudawan tersebut terdiri dari 17 orang dari Program Studi Produksi Ternak, 13 orang dari Prodi Tanaman Pangan dan Holtikultura dan 66 orang wisudawan dari Prodi Teknologi Tanaman Pangan. Dengan Wisudawan terbaik diraih oleh Hasanuddin, A.M dari Teknologi Pangan dengan IPK 4,00 dengan predikat kelulusan dengan pujian. Selanjutnya IPK 3,78 masing diraih oleh M. Ahmadi, A.M Pertanian dari jurusan Tanaman Pangan dan Holtikutura dan Ardin, A.M Peternakan dari jurusan Peternakan.
Hadir pada kesempatan itu Direktur Politeknik Pertanian Negeri Kupang Ir. Blasius Gharu, M.Si, Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Drs. H. Muhammading, M.Si, serta serta sejumlah pimpinan FKPD.
Direktur Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Ir. Blasius Gharu, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun ini Politeknik Pertanian Negeri Kupang melepas lebih dari 1000 orang lulusan, termasuk 96 orang di PDD Rintisan Akademi Komunitas Negeri Sumbawa.
Blasius Gharu, mengaku sangat bersyukur karena PDD-AKN Sumbawa masih diberi kekuatan dan hikmat untuk mewisuda 96 orang Ahli Muda bidang Peternakan, Tanaman Pangan dan Holtikutura, serta bidang Teknologi Pangan. Dengan demikian katanya, maka dalam tahun yang ke-5 ini, PDD-AKN Sumbawa telah mewisuda sebanyak 407 orang lulusan yang kiranya dapat turut berperan serta secara. Mereka nantinya diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan pertanian dan pedesaan di wilayah Kabupaten Sumbawa.
Atas keberhasilan tersebut, Blasius menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati serta seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang telah memberikan dukungan, baik biaya operasional, maupun penyediaan sarana prasarana pendidikan.
Kepada para wisudawan, Blasius berpesan agar tidak pernah ragu untuk mulai merintis usaha di sektor pertanian. Karena lulusan PDD-AKN Sumbawa memiliki bekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup untuk menjadi wirausahaan yang sukses pada sektor pertanian.
“Yang dibutuhkan saat ini adalah keberanian untuk mengambil keputusan, apakah mau melangkah, apakah mau menulis lamaran pekerjaan sambil terus bergantung pada orang lain, atau mulai membangun usaha-usaha produktif dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki,” ujarnya.
Sementara itu Bupati Sumbawa yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Drs. H. Muhammading, M.Si, menyampaikan bahwa saat ini Pemda Sumbawa sedang giat-giatnya menggulirkan program-program prioritas, antara lain program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja. Kemudian program pengembangan kewirausahaan dan usaha kecil menengah. Selain itu juga ada program peningkatan penerapan teknologi peternakan dan program peningkatan teknologi pertanian dan perkebunan serta program optimimalisasi pemasaran produksi perikanan.
“Seluruh program tersebut berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.
Dengan demikian H Ading—sapaan akrab H Muhammading, berharap para Alumni AK Sumbawa, mampu meningkatkan daya saing produk unggulan lokal dalam percaturan ekonomi lokal dan global, untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi daerah, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara bertahap.
Dalam kesempatan itu H Ading, juga menyampaikan apresiasi kepada Politeknik Pertanian Negeri Kupang yang telah menggaungkan kebijakan atau program prioritas pemerintah seperti yang disebutkan diatas.
Menyinggung tema wisuda kali ini, yakni Peningkatan Daya Saing Produk Unggulan Lokal Melalui Aktualisasi Kemandirian Alumni yang bermutu dan berkarakter, diyakini sebagai hasil refleksi AK Sumbawa dalam merespon kebijakan dan program aktual yang dikembangkan olen pemerintah Kabupaten Sumbawa, karena keberhasilan dalam percepatan pembangunan pertanian berbasis keungggulan tentu sangat dipengaruhi oleh ketersediaan SDM yang terampil, termasuk di bidang pertanian.
“Kami akan selalu mendukung segala upaya yang bertujuan untuk menyediakan tenaga terampil lulusan perguruan tinggi pertanian, karena hal ini mutlak dibutuhkan guna mendorong akselerasi transformasi pembangunan pertanian di Kabupaten Sumbawa menuju era agrobisnis dan agribisnis,” demikian H Muhammading.

loading...

LEAVE A REPLY