Sumbawa

KUA Lenangguar dan KUA Ropang Resmi Berpisah

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Setelah sekian lama menyatu, akhirnya Kantor Urusan Agama (KUA) Lenangguar dan KUA Ropang, resmi berpisah pada tahun 2017 ini. Seperti diketahui, dari 24 kecamatan di Kabupaten Sumbawa, tinggal KUA Ropang dan KUA Lenangguar ini, yang kantor dan kepala KUA nya masih menyatu di KUA Lenangguar.
Memang secara administrasi, keduanya sudah dipisahkan sejak tahun 2010 lalu. Namun, kala itu baik kantor dan kepalanya masih berada satu atap di KUA Lenangguar. “Kantornya sampai hari ini masih di Lenangguar. Tapi terhitung 2017 ini, KUA Ropang dan KUA Lenangguar, sudah pecah atau tidak menyatu lagi,” ungkap Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimmas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, H Suryanto, SAg.
Karena sudah tidak menyatu lagi, otomatis nantinya KUA Ropang ini, bakal memiliki kantor sendiri. Tinggal sekarang kata Anto—sapaan akrabnya, menunggu SK Kementerian Agama (Kemenag) RI, tentang pengangkatan Kepala KUA Ropang, yang definitive.
Untuk mengisi jabatan tersebut, Kemenag Sumbawa, sudah mengusulkan 3 orang berlatar belakang Penghulu, untuk diangkat sebagai Kepala KUA Ropang. Diusulkannya Penghulu sebagai calon kepala KUA ini, berdasarkan Peraturan Menteri Agama No. 34 Tahun 2017, yang mensyaratkan calon kepala KUA ini harus dari Penghulu. “Sudah kita usulkan. Kita berharap kepala definitifnya segara diangkat, supaya pelayanan di KUA Ropang, bisa terlaksana dengan baik. Yang kita usulkan ini bukan saja Ropang, tapi Kepala KUA Utan dan Moyo Hilir juga. Pejabat KUA Utan, sebelumnya meninggal dunia. Sementara yang di Moyo Hilir, pejabatanya dimutasi ke Lombok Timur,” tandasnya.
Lalu bagaimana dengan gedung KUA Ropang kelak ? Untuk lokasi tambah Anto, sudah tidak ada masalah. Sebab pemerintah Kecamatan Ropang, sudah bersedia memberikan lokasi untuk mereka bertugas nanti. Pemerintah desa juga sudah menyatakan kesediaan untuk memberikan kantor sementara, bila nanti Kepala KUA Ropang, sudah definitif.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close