PT Newmont Nusa Tenggara

Ir Surya Darmasyah ; Pengawasan Orang Tua cegah Kekerasan Seksual Terhadap anak

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kekerasan seksual terhadap anak akhir-akhir ini semakin meningkat. Lemahnya pengawasan terhadap anak oleh orang tua, membuat anak sangat rentan menjadi korban kekerasan seksual.
Kepala Dinas Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP2KBP3A, melalui Sekdisnya, Ir Surya Darmasyah memaparkan bahwa kekerasan seksual terhadap anak merupakan perbuatan tindak pidana, dimana pelakunya harus dihukum seberat-beratnya. “Untuk menghilangkan rasa trauma terhadap anak, maka perlu dilakukan pendampingan khusus terhadap si anak,” terang Ir Surya.
Untuk melakukan penanganan dan perlindungan terhadap anak, Ir Surya mengakui bahwa bukan hanya menjadi tugas dari pihaknya saja, akan tetapi semua pihak mempunyai kewajiban untuk melindungi anak. “Kita semua mempunyai kewajiban untuk melindungi anak dari berbagai kekerasan yang dihadapinya, bukan hanya kekerasan seksual saja tetapi hal-hal lain yang melibatkan anak menjadi korban”, ungkap Ir Surya Darmasyah.
Selain itu, sambung Ir Surya, Pengawasan orang tua terhadap anak juga perlu ditingkatkan, mengingat dengan berkembangnya dunia teknologi yang semakin mempermudah siapapun untuk mengakses hal-hal yang bersifat negatif, sehingga akan mudah ditiru oleh anak-anak. “Kurangnya pengawasan orang tua akan menyebabkan anak mudah sekali terpengaruh dan tidak tidak menutup kemungkinan anak menjadi korban kejahatan”, imbuhnya.
Ada beberapa langkah yang telah dilakukam guna untuk mengantisipasi terjadinya kekerasan seksual pada anak. Salah satunya melakukan sosialisasi pencegahan diberbagai kecamatan, dimana dalam sosialisasi disampaikan kesehatan tentang reproduksi, bahaya pernikahan dini serta sosialisasi mencegah 3N, yakni Akhiri kekerasan rumah tangga, Trafficking, dan kesenjangan ekonomi perempuan. “Yang terpenting adalah pengawasan orang tua, karena itu yang paling efektif untuk melindungi anak dari kejahatan dan kekerasan seksual,” pungkasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply