Sumbawa Jual Kemiri dan Benih Padi di Pasar Lelang

0
581
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Dinas Perdangan Provinsi mengadakan pasar lelang, yang diikuti oleh seluruh Dinas Perdagangan Se Provinsi NTB. Kabupaten Sumbawa juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut bahkan berhasil menjual 2 komiditi unggulan yakni Kemiri dan Benih Padi.
Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan melalui Kabid Perdagangan, Adam Muhammad, SSos menyampaikan bahwa pihaknya telah mengikuti kegiatan Pasar Lelang yang digelar Dinas Perdangan Provinsi di Mataram.
Kabupaten Sumbawa jelasnya, telah membawa beberapa sampel produk unggulan Sumbawa dan dari beberapa produk unggulan yang dibawa ada 2 komiditi yang berhasil dijual dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta rupiah. “Kita mengikuti Pasar Lelang yang salah satunya terjual dari Sumbawa yakni Kemiri dan Benih Padi dengan jumlah transaksi mencapai 415 juta,” jelas Adam Muhammad.
Dengan adanya transaksi tersebut diharapkan dapat menambah gairah para petani dan pengusaha, apalagi jumlah penjualannya mencapai hingga 50 ton untuk Kemiri, sementara untuk Benih Padi sebanyak 20 ton dengan jumlah penjualan sekitar 60 juta.
Sementara untuk olahan lainnya tidak sempat terjadi transaksi, hal itu lantaran antara penjual dan pembeli tidak mencapai kesepakatan. Salah satu contohnya Jagung, dimana pengusaha yang berada di Mataram hanya mau membeli jika barang tersebut langsung dibawa ke gudangnya. “Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada coznya, sementara selisih harga dengan pengusaha yang di Sumbawa tidak jauh berbeda,” tandas Adam.

loading...

LEAVE A REPLY