Serapan Anggaran Rendah, Ketua DPRD Minta OPD Tingkatkan Kinerja

0
111
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Serapan anggaran pada triwulan pertama di tahun 2017 ini sangat miris, berdasarkan evaluasi yang dilakukan eksekutif serapan anggaran hanya mencapai 10,19 persen sementara ditargetkan sebesar 23 persen. Kondisi ini menunjukan kinerja Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Sumbawa dinilai kurang baik.
Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP kepada Gaung NTB, mengaku sangat prihatin dengan kondisi serapan anggaran di daerah ini, hal ini berkaitan dengan kinerja eksekutif yang dinilai kurang serius dalam melaksanakan program dan kegiatan, dan hal itu berimbas terhadap serapan anggaran yang sangat rendah.
Lalu Budi menilai eksekutif hanya melaksanakan rutinitas anggaran tidak ada terobosan dan tidak ada semangat untuk melakukan percepatan pembangunan. Oleh karena itu Lalu Budi meminta kepada eksekutif untuk merubah cara berfikir dan bekerja sehingga lebih progresif dan lebih optimal dalam bekerja.
Lalu Budi mendorong agar belanja modal segera direalisasikan, segala program yang tidak berimplikasi hukum agar dituntaskan. Dicontohkannya seperti belanja bantuan parpol yang selalu direalisasikan pada akhir tahun padahal dana tersebut katanya dapat dituntaskan lebih cepat.
Lalu Budi juga mendorong agar belanja seperti untuk instansi vertikal, hibah serta dana penyertaan modal termasuk juga dana desa segera direalisasikan, sehingga tidak ada lagi anggaran yang cukup lama mengendap.
Politisi PDI Perjuangan itu juga mendorong pemerintah Husni-Mo ini menerapkan prinsip ‘Reward ang Funishment‘ terhadap pejabat yang gagal melaksanakan tugas agar diberikan sanksi, sebaliknya pejabat yang giat bekerja dan sukses kinerjanya agar diberikan penghargaan.

loading...

LEAVE A REPLY