Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Melonjak Tinggi

0
296
loading...
loading...

Dompu, Gaung NTB.
Menjelang bulan suci Ramadhan, harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Dompu mulai mengalami lonjakan. Sementara untuk harga beras masih normal.
Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan itu diantaranya, cabai, tomat serta bawang putih. Untuk bawang putih, dari harga normal Rp 35 ribu per Kg, saat ini naik hingga 60 ribu/Kg. “Harga bawang merah saja yang turun, dari harga biasa 30 ribu/Kg saat ini hanya Rp 20 ribu per Kg,” ujar Nurjanah pada sejumlah wartawan di pasar Dompu, Senin (15/5)
Sementara untuk harga cabai rawit, saat ini melonjak lebih tinggi, dari harga normalnya 35 ribu/Kg, kini mencapai Rp 85 ribu hingga 100 ribu/Kg. Cabai keriting dari harga normal 40 ribu/Kg naik menjadi Rp 60 ribu. “Kalau untuk harga tomat, kenaikannya mencapai Rp 8 ribu hingga 10 ribu dari harga biasa Rp 4 ribu,” katanya.
Melonjaknya sejumlah bahan pokok di Kabupaten Dompu, lebih disebabkan oleh naiknya harga dari para penyuplai di Pulau Lombok. “Bahan pokok yang kita ambil dari penyuplai di Lombok rata-rata harganya naik, kecuali bawang putih yang kita ambil langsung di Kabupaten Bima,” akunya.
Hal senada juga disampaikan pedagang lainnya Aisyah, lonjakan harga menjelang bulan ramadhan hampir terjadi pada semua bahan pokok. Dikatakannya kenaikan sejumlah bahan pokok ini sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu.
Aisyah mengatakan, kenaikan harga sejumlah bahan pokok saat ini, disebabkan minimnya hasil panen masyarakat tani yang disebabkan oleh faktor alam. “Menurut pengakuan penyuplai, naiknya harga cabe dan sebagainya ini disebakan kurangnya hasil panen petani di sana (lombok), karena memang kita ambilnya dari sana,” katanya

loading...

LEAVE A REPLY