Hari Pertama Ujian Sekolah SD Berlangsung Lancar

0
112

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Hari pertama Ujian Sekolah (US) Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sumbawa, Senin (15/05), berlangsung lancar. Tidak ada kendala sedikit pun selama ujian di hari pertama yang mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia ini.
Demi memastikan ujian berlangsung lancar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, melakukan monitoring berlapis.
Bukan hanya Kepala Dinas Dikbud, yang melakukan monitoring, sejumlah Pengawas, KPUT bersama staf termasuk sejumlah pejabat struktural lingkup Dinas Dikbud, serta Dewan Pendidikan ikut terjun langsung.
Tampak Kadis Dikbud, H Sudirman Malik, SPd, memantau langsung pelaksanaan Ujian Sekolah di SDN 1 Sumbawa, SDN 1 Labuhan Sumbawa dan SDN 2 Sumbawa. Kabid Pembinaan SD, Sahabuddin, AM, SAP, MSi, juga melakukan hal yang sama di SD Uma Beringin. “Alhamdullillah, hari pertama Ujian Sekolah SD lancer-lancar saja,” ujar Kabid Pembinaan SD Dinas Dikbud, Sahabuddin AM, SAP, MSi.
Selama melakukan monitoring kata Sahabuddin, pihaknya tidak menemukan masalah sedikit pun. Begitu juga tidak ada satu pun sekolah yang mengalami kekurangan soal.
Mengenai siswa yang tidak hadir di hari pertama karena sakit, pihaknya belum mendapatkan laporan. Itu berarti, seluruh peserta Ujian Sekolah, dapat dipastikan hadir.
Kalau pun ternyata ada siswa yang tidak hadir karena sakit, tetap diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan tanggal 22—24 Mei mendatang. “Yang tidak hadir karena sakit kami belum terima laporannya. Tapi kalau ada, tetap ada ujian susulan untuk mereka,” kata pria kelahiran tahun 1964 ini.
Mengenai Lembar Jawaban Ujian Sekolah, kecamatan selain Kecamatan Badas, Unter Iwis dan Sumbawa, harus dikumpulkan di polsek masing-maisng wilayah. Baru dihari terakhir ujian dikirim ke Dinas Dikbud. “Tiga kecamatan dalam kota tiap hari mesti diantar ke sini (Dikbud). Kecuali sekolah yang di Pulau Moyo (Kecamatan Badas), hari terakhir baru di kirim ke Dikbud,” tandasnya.
Sahabuddin berharap pelaksanaan Ujian Sekolah, dari hari pertama sampai terakhir berjalan lancar tanpa kendala apa pun.
Karena itu, ia menekankan kepada pengawas agar mampu menjalankan tugasnya secara berintegritas, tanpa ada yang direkayasa sehingga siswa juga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. “Prestasi boleh. Tapi kejujuran itu lebih penting,” ujarnya mengingatkan.
Untuk diketahui, hari kedua Ujian Sekolah, mengujikan mata pelajaran Matematika. Sementara hari terakhir, mata pelajaran IPA.

LEAVE A REPLY