Dinas Dikbud Gelar Seleksi Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi 2017

0
411
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Salah satu program rutin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, adalah menggelar kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Berprestasi. Untuk tahun 2017, kegiatan ini seperti disampaikan Kasi pembinaan Pendidik PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Asri Ramdhani, MPd, akan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari seleksi tingkat kabupaten, provinsi dan tingkat nasional. “Apresiasi ini diarahkan untuk mewujudkan Revolusi Mental yang mencakup aspek integritas, etos kerja dan gotong royong bagi GTK PAUD dan Dikmas dalam menjalankan tugasnya,” kata Asri Ramdahni.
Seleksi tingkat kabupaten sendiri digelar tanggal 26 Mei mendatang. Tingkat provinsi tanggal 6—8 Juni, di Mataram. Sementara untuk tingkat nasional, dilaksanakan di Bengkulu, tanggal 9—11 Juli mendatang.
Khusus seleksi tingkat kabupaten sebut Asri, ada 12 jenis mata lomba yang dilombakan dalam kegiatan yang di pusatkan di Hotel Harapan Sumbawa ini.
Jenis mata lomba tersebut adalah, Guru Kelompok Bermain (KB)/Taman Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejnis (SPS) Pengelola PAUD, Pengelola LKP, Instruktur Kursus Komputer, Tutor Pendidik Keaksaraan serta Pengelola PKBM.
Selain itu, ada juga mata lomba Instruktur Otomotif, Instruktur Tata Rias Pengantin, Instruktur Tata Rias Kecantikan Rambut, Instruktur Tata Busana, Penilik serta Instruktur Tata Boga.”Tiap kecamatan mengutus satu peserta untuk tiap-tiap mata lomba. Untuk tingkat provinsi ada 12 orang yang diambil. Mereka pemenang pertama tiap mata lomba di tingkat kabupaten,” terangnya.
Dalam seleksi tingkat kabupaten kata Asri, karya terbaik atau Best Practice, bukanlah berdasarkan atas pemaparan ide-ide dari peserta.
Namun, lebih menjurus kepada apa yang telah dilakukan oleh GTK PAUD dan Dikmas, di lembaga atau satuan pendidikannya masing-masing.
Asri berharap, semua pihak memberikan dukungan terhadap kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi ini, agar tahun 2017 banyak wakil dari Sumbawa, yang menjadi duta NTB di pentas nasional kelak.
Untuk diketahui, prestasi Sumbawa yang mewakili NTB, di tingkat nasional dalam kegiatan ini cukup baik. Tercatat, Drs Khaeruddin, pernah meraih juara tiga nasional, sebagai Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Yang paling membanggakan adalah saat Siti Juariah, berhasil merengkuh juara pertama nasional untuk kategori Pamong Belajar.

loading...

LEAVE A REPLY