PT Newmont Nusa Tenggara

Ketersediaan Beras Bulog untuk Ramadhan Terpenuhi

Dompu, Gaung NTB
Ketersediaan beras di Gudang Bulog Kabupaten Dompu saat ini mencapai 2.200 ton, artinya kebutuhan beras untuk masyarakat selama bulan suci ramadhan bisa terpenuhi. “Untuk Beras Miskin (Raskin) kebutuhan perbulannya hanya 290 ton jadi sampai bulan ramadhan nanti hanya sekitar 1700 ton yang habis dan masih ada sisa stok cadangan untuk memback-up,” terang Kepala Gudang Bulog Dompu Lalu Irfan Saputra, Selasa (17/5).
Selain itu lanjut Irfan, pihaknya juga saat ini akan memulai proses penggilingan, dan dipastikan tidak akan ada persoalan yang muncul terhadap kebutuhan beras bagi masyarakat Dompu. “Ya terkecuali memang terjadi insiden-inseden yang tidak diinginkan, seperti kebakaran dan bencana alam lainya,” katanya.
Irfan juga menjelaskan, sejauh ini tidak ada perbedaan antara kebutuhan masyarakat saat bulan ramadhan maupun hari-hari lainnya. Hanya saja, terjadinya peningkatan kebutuhan saat bulan ramadhan adalah adanya penyaluran beras untuk kegiatan sosial Pasar murah. “Untuk mengantisipasi banyaknya kebutuhan dalam kegiatan sosial seperti pasar murah, kita sudah menyediakan stok tersendiri,” ungkapnya.
Lebih jauh Irfan memaparkan, persedian beras yang ada di bulog saat ini, akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dompu selama kurang lebih tujuh bulan kedepan, hal itu dapat dilihat dari tingkat kebutuhan masyarakat se Kabupaten Dompu di tiap bulannya.
Selain itu, persediaan gabah di gudang sendiri dipastikan juga akan mampu menanggulangi kebutuhan masyarakat hingga tahun 2018. Saat ini gabah kering yang tersedia, yakni sebanyak 15000 ton atau sekitar 8000 ton beras. “Untuk gabahnya sendiri, saat ini sedang dalam proses penggilingan. Sementara ntuk harga beras rastra saat ini kita di Dompu masih Rp 1.600 per Kg nya,” ujarnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply