PT Newmont Nusa Tenggara

KADES PAMANTO EMPANG DITAHAN JAKSA

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Belum sepekan dilakukan pendalaman penyidikan, Kades Pamanto berinitial JM ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Pamanto Kecamatan Empang Sumbawa Tahun Anggaran 2014 – 2016.
Penyidik Kejari Sumbawa langsung menahan JM dan dititipkan di Rumah Tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) setempat usai dilakukan pemeriksaan dan pengambilan keterangannya Jum’at (19/05) siang.
Kajari Sumbawa melalui Kasi Pidsus Anak Agung Raka Putra Darmana SH dalam keterangan kepada Gaung NTB kemarin menjelaskan, pihaknya menetapkan oknum Kades Pamanto sebagai tersangka tentu berdasarkan alat bukti yang kuat tentang adanya unsur perbuatan melawan hukum yang dilakukan. “Penahanan terhadap tersangka dalam rangka memperlancar penyidikan selanjutnya. Penyidikan dengan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait masih berjalan hingga pekan depan,” paparnya.
Oknum Kades Pamanto Empang itu dijerat dengan pelanggaran pidana yakni melanggar Pasal 2 dan psl 3 jo psl 18 UU No 31 tahun 1999 yang telah dirubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman pidana di atas 5 tahun penjara.
Jaksa Raka yang dikenal low profil ini menerangkan, tidak menutup kemungkinan juga tersangka lainnya bisa bertambah, tergantung hasil penyidikannya.
Ditanya soal keharusan segera menunjuk pelaksana tugas Kades Pamanto, Raka menyerahkan kepada Pemda setempat. “Dengan telah ditahannya oknum Kades Pemda sudah boleh menunjukkan careteker agar tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa serta pelayanan kepada warga masyarakat tetap dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan,” tukasnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply