PT Newmont Nusa Tenggara

PLN Area Sumbawa Gelar Penanaman Mangrove

Sumbawa Besar, Gaung NTB
PT PLN Area Sumbawa menggelar kegiatan penanaman pohon mangrove (bakau) di Dusun Senggrahan, Desa Labuhan Mapin, Kecamatan Alas Barat. Selasa (16/05), kegiatan tersebut merupakan komitmen dari pt pln sendiri dalam menjaga lingkungan sekitar.
Dalam kegiatan penanaman bakau tersebut, PLN Area Sumbawa menggandeng DPD KNPI Kabupaten Sumbawa. Kegiatan penanaman ini juga melibatkan masyarakat, siswa setempat dan anggota pramuka setempat.
Manajer PT PLN Area Sumbawa, Ahmad Syauki, saat ditemui usai kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu program perusahaannya. PLN hadir di tengah masyarakat bukan hanya mengejar keuntungan semata. Tapi juga terlibat aktif dalam pengelolaan lingkungan hidup. “Kegiatan ini juga bagian dari system manajemen lingkungan kami. Terkait penilaian proper dari Kementerian Lingkungan Hidup. Saat ini posisi proper PLN yang diakui oleh kementerian adalah proper biru. Dengan kegiatan ini, diharapkan kami bisa meraih proper hijau,” ujarnya.
Syauki karibnya, memaparkan, dalam hal ini pihaknya sudah memenuhi semua persyaratan dalam pengelolaan lingkungan. Diharapkan kegiatan ini menjadi nilai tambah bagi PLN dalam pengelolaan lingkungan. Khususnya dalam mengelola keberagaman hayati di Kabupaten Sumbawa ini.
Untuk kegiatan ini, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan DPD KNPI Kabupaten Sumbawa. Lokasi ini direkomendasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Karena, tingkat abrasi pantai di lokasi tersebut cukup tinggi. Dengan adanya penanaman bakau ini diharapkan mencegah terjadinya abrasi pantai. Juga diharapkan dapat memberikan multiplayer effect bagi masyarakat sekitar.
Selain Alas Barat, pihaknya akan melaksanakan kegiatan serupa di lokasi yang lain. Pihaknya akan bekerjasama dengan pihak terkait untuk melaksanakan serupa. Pihaknya tetap memberikan pelayanan kelistrikan yang handal, berkualitas dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Semua keluhan pelanggan akan dilayani semaksimal mungkin. ‘’Ini merupakan langkah awal. Bagaimana kita menjaga agar tidak menjadi kegiatan seremonial belaka, tapi juga berkelanjutan,” imbuh Syauki.
Sementara itu, Camat Alas Barat, Junaidi, S.Pt dalam sambutannya mengatakan, pihaknya ibarat mendapat durian runtuh dari PLN. Selaku pemerintah kecamatan dan masyarakat menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Karena telah menempatkan kegiatan penanaman bakau di desa ini. Dia mengajak semua pihak, agar setelah penanaman kegiatannya tidak berhenti sampai di sini.
Diketahui, tanaman mangrove memiliki banyak fungsi. Melalui kepala desa, tokoh masyarakat dan pemuda, diharapkan kecamatan ini menjadi hutan bakau. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya. Akan tetapi belum nampak hasilnya. Karena itu, pihaknya akan membahas kegiatan ini bersama tokoh masyarakat dan pemuda. Di lokasi lain, kegiatan ini sudah berhasil. Karena itu, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan daerah lainnya yang sudah berhasil.
“Bagaimana nanti kedepannya ini akan kita lestarikan. Karena kita didukung penuh dalam kegiatan ini. Tinggal bagaimana tanggungjawab kita selaku masyarakat,” terangnya.
Dia menegaskan, bahwa pihak nya siap berkonsultasi demi pengembangan kawasan mangrove ini. Demi masyarakat Alas Barat da Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat.
Ditambahkan Ketua DPD KNPI Kabupaten Sumbawa, Ikhsan Imanuddin mengatakan, ini merupakan penghargaan yang luar biasa. Karena PLN adalah satu-satunya BUMN yang mengajak pihaknya bekerjasama dalam menyelamatkan lingkungan. Manfaat kegiatan ini sangatlah luar biasa. Jika program ini berhasil, diharapkan kegiatan serupa bisa dilaksanakan kembali.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply