PT Newmont Nusa Tenggara

Diskoprindag Waspadai Lonjakan Harga Menjelang Ramadhan

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Menejelang bulan Ramadhan beberapa harga sembako sudah mulai merangkak naik, tentunya hal tersebut yang perlu diwaspadai, mengingat kebutuhan masyarakat nantinya akan meningkat. Mengantisipasi hal tersebut Diskoprindag Kabupaten Sumbawa menghimbu kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga secara sepihak, Sabtu (29/04)
Kepala Diskoprindag Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Arif, M.Si mengatakan, mendekati even-even besar atau hari besar seperti bulan Ramadhan, Idul Fitri, ataupun Idul Adha, sangat rentan dengan terjadinya gejolak harga dipasar. “Jadi hal yang perlu Kita waspadai bahkan ini sering terjadi di setiap tahunnya adalah fluktuasi harga”. Ujarnya
bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri pada di tahun ini katanya, sangat tepat dipertengahan tahun membuat kehawatiran lebih akan gejolak harga. Hal itu lantaran, pada pertangahan tahun juga bertepatan dengan tahun ajaran baru pada dunia pendidikan. Sehingga nantinya keperluan belanja semakin meningkat.
Dijelaskan Arif, ada beberapa persoalan yang membuat terjadinya gejolak harga tersebut. Seperti, para pelaku dagang yang kerap kali mengambil kesempatan dalam kesempitan. Dimana mereka memanfaatkan keinginan belanja masyarakat yang semakin meningkat di hari-hari besar, dengan kata lain mereka kerap mengambil keuntungan secara berlebihan. Maka untuk itu kepada pedagang jadilah pedagang yang bermatabat.
Selain itu, masyarakat terkadang terlalu khawatirterhadap naiknya harga barang, sehingga hal itu membuat mereka membeli lebih dari kebutuhannya. secara tidak sadar, masyarakat yang berfikiran seperti itu akan menumpuk barang-barang pasar. Hal inilah yang akan membuat efek pada pergeseran menjadi tidak normal. Terangnya
Demikian pula dengan para pengusaha diharapkan agar tidak menyembunyikan barang di gudang. “Kalau kami melakukan pememeriksa dan mengetahui akan hal itu, maka itu merupakan kejahatan ekonomi, tentunya akan ada sanksinya,” ujarnya.
Oleh karena itu kata Arif, sangat diperlukannya sumbangsih pikir dari semua pihak dan elemen masyarakat. Karena ini menjadi tanggung jawab bersama. Dan yang terpenting sambungnya, sepanjang itu tidak diizinkan maka lakukanlah pekerjaan-pekerjaan secara bermartabat.
Untuk mengantisipasi penyebab terjadinya gejolak  harga, Diskoprindag melakukan monitoring evaluasi setiap miggunya, Namun jika di pasaran terjadi  kekosongan atau kelangkahan suatu barang dan juga harga yang tidak dapat dijangkau oleh masyarakat, maka Diskoprindag akan melakukan operasi pasar.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply