PT Newmont Nusa Tenggara

Arifin Panigoro Sebut Belum ada Kebijakan ke Arah PHK

Maluk, Gaung NTB
Jika sebelumnya masa peralihan perusahaan pengelola tambang di Batu Hijau dari PT NNT kepada PT AMNT, belakangan diidentikkan dengan isu pengurangan karyawan.
Di akui atau tidak kondisi ini sempat menimbulkan kegelisahan di kalangan karyawan akan adanya isu tersebut. Di tambah lagi ribuan karyawan Batu Hijau atas informasi yang santer terdengar resah atas ketidak pastian operasi perusahaan, jelang berakhirnya produksi fase enam ekploitasi mineral.
Tak hanya itu, isu terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar besaran tidak dapat dihindari. Mesti rumor yang berkembang karena penurunan produksi dan efisiensi keuangan perusahaan untuk membangun smelter diduga menjadi alasan utama PHK terjadi, tentunya hal ini masih menjadi tanda tanya.
Menyikapi kegelisahan dari karyawan tersebut Ceo PT AMNT, Arifin Panigoro di sela sela kunjungannya mendampingi Menteri ESDM, Ignatius Johan, kepada Gaung NTB, belum lama ini, dengan tegas menolak jika  masalah produksi dan efisiensi keuangan perusahaan guna membangun smelter dikaitkan dengan isu PHK.
Ia mengatakan, belum ada pembicaraan kearah sana (PHK). ‘’Tidak  harus dihubungkan seperti itu juga. Bahwa efisiensi itu harus, iya. Kita ini termasuk baru, beberapa langkah masih dijalankan,” ungkapnya.
Karena ekplorasi belum selesai sambung Arifin Panigoro, tentu saja situasi ini membuat orang gelisah.
Kendati demikian Ia pun tak menapik, memang operasinya sedang berubah, apalagi jika fase enam selesai, pihaknya harus memulai yang lain. Itu makanya, kata dia, di internal management masalah ini tengah digodok, termasuk masih memilih langkah langkah operasi seperti apa.
Jadi yang sibuk sekarang ini bagian perencanaan dan eksplorasi, karena opsinya ada beberapa. Maklum saja jika orang yang tidak mengerti menebak nebak. Yang jelas, belum ada ada kebijakan seperti itu (PHK). “Malah jika smelter ini berjalan lancar, kita butuh ribuan tenaga kerja lagi,’’ janji Arifin.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply