PT Newmont Nusa Tenggara

Anggota DPRD Sumbawa Tolak Dibukanya Blok Elang Dodo

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Wacana tentang akan digarapnya kembali kawasan Blok Elang Dodo di Kabupaten Sumbawa menuai banyak penolakan dari masyarakat, rencana penolakan tersebut disampaikan dalam bentuk demonstrasi maupun dalam bentuk opini melalui media social. Penolakan terhadap rencana tersebut kembali muncul, salah satunya dari anggota DPRD Sumbawa, Salamuddin Maula dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Salamuddin Maula yang dikenal sebagai anggota DPRD yang getol menolak kahadiran tambang di daerah ini, bahkan penolakan tersebut sudah dimulai sejak digarapnya Blok Elang Dodo oleh PTNNT beberapa tahun silam. Kini wacana akan digarapnya Blok Elang Dodo oleh PT AMNT, ditolak secara tegas oleh politisi PKS tersebut karena dianggap akan merusak hutan.
Salamudin Maula atau Jalo sapaan akrabnya, sudah mulai melakukan konsilidasi terkait dengan penolakan tersebut, bahkan ia tidak segan mengumpulkan tanda tangan masyarakat yang disertai dengan nama dan nomor KTP masyarakat. “Saya akan mengumpulkan tanda tangan masyarakat sebagai bentuk penolakan terhadap dibukanya Blok Elang Dodo, karena lokasi itu merupakan sumber mata mata air masyarakat Sumbawa,” ujar Jalo, Selasa (02/05).
Jalo membeberkan bahwa, sejauh ini sudah melakukan penggalangan penolakan, dimulai dari Alas, Utan,  Buer, Lape dan Lopok. Bahkan yang menghadiri kegiatan tersebut dari unsur kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.
Dalam melakukan konsilidasi ataupun penggalangan juga disertai dengan pengumpulan tanda tangan masyarakat sebagai petisi penolakan masyarakat Sumbawa terhadap dibuka kembali Blok Elang Dodo untuk kemudian dibawa kepada Pemerintahan Pusat.
Jalo menargetkan agar sekitar 50 ribu KTP dan tanda tangan yang harus terkumpul. Hal tersebut diakui olehnya bahwa itu merupakan inisiasi murni dari dirinya sebagai perwakilan rakyat dan hal itupun merupakan aspirasi rakyat Sumbawa. “Saya dari dulu konsisten menolak kehadiran tambang, lebih-lebih digarapnya Blok Elang Dodo oleh PT AMNT,” pungkas Jalo.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply