Prestasi Sekolah Baru Mencuat di OSN SD Tingkat Kabupaten

0
1318
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar (SD) tingkat Kabupaten Sumbawa telah diumumkan. Hasilnya, enam siswa SD berhak mewakili Sumbawa pada ajang yang lebih tinggi, OSN tingkat Provinsi awal April mendatang. Muncul nama siswa dari sekolah yang baru berdiri, SDIT Samawa Cendikia (SC) diantara nama pemenang hasil seleksi kabupaten.
Siswa tersebut atas nama Ramadianto Juara I IPA. Juara II, Putra Ganesha Karmayoga dari SDN 2 Sumbawa dan Juara III, Annisa Nahdia N.A dari SDN Baleberang Utan. Dari mata pelajaran Matematika, Juara I Muhhamad Nata Negara dari SDN 1 Mapin Kebak, Juara II Oktavia Nuzulul Azmi dari SDN 2 Sumbawa dan tiket terakhir untuk melenggang ke Provinsi digenggam oleh Rifqi Nurfadillah dari SDN 1 Sumbawa. “Keenam siswa inilah yang mewakili Sumbawa di OSN SD Tingkat Provinsi 5 April mendatang,”sebut Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbwa, Sahabuddin, SAP, MSi, Kamis (23/3).
Keeenam siswa ini berhasil tersaring dari 60 siswa (30 peserta IPA dan 30 peserta Matematika) OSN SD Tingkat Kabupaten lalu. Setelah sebelumnya didahului seleksi pra OSN  Kabupaten. Seleksi berjenjang ini, memperkuat kualitas siswa berprestasi. Dengan harapan mereka akan mampu berbicara lebih banyak di tingkat Provinsi bahkan OSN tingkat nasional. Makanya sebelum diberangkatkan ke Mataram seleksi OSN Provinsi, keenam siswa ini akan digodok dan dibina secara intensif terlebih dahulu selama 8 hari di Hotel Harapan Sumbawa Besar. “Kita berharap mereka ini tidak berhenti di Provinsi, tetapi terus melaju dan meraih prestasi di tingkat nasional,” kata Sahabuddin.
Menurut Sahabuddin, munculnya SDIT yang notabene adalah sekolah yang baru berdiri di Sumbawa, membuat peta mutu dan kemampuan siswa sekarang ini makin merata dan kompetitif. Apalagi dengan munculnya siswa dari SDN Baleberang yang nyatanya mampu bersaing dengan sekolah sekolah favorit dalam kota.
Kepala Sekolah SDIT Samawa Cendikia, Sambirang Ahmadi MSi, mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya. Apalagi ini keikutsertaan SDIT yang baru pertama kalinya dalam seleksi OSN. Diakuinya potensi Ramadianto siswa kelas IV SDIT SC sudah terlihat dari sejak seleksi Pra OSN Kabupaten yang selalu menduduki peringkat pertama. Tentu prestasi ini agak sedikit mengejutkan, mengingat SDIT SC baru berumur empat tahun, sebagai perintis pertama sekolah Islam terpadu di Sumbawa.
Dengan visinya mewujudkan generasi yang unggul dan berprestasi, pihakna berusaha mewujudkan mimpi itu secara perlahan. Bahkan sejak tahun pertama berdiri sudah terlibat dalam setiap even pendidikan dan kependidikan. “Alhamdulillah kami punya tradisi juara dalam setiap even lomba yg diselenggaraka pemerintah maupun swasta. Itu semua berkat kerja keras, kekompakan, ketekunan, kesabaran seluruh sumber daya yang ada di sekolah, Terutama guru-gurunya yang punya mimpi yang sama mewujudkan generasi sholeh, cerdas dan percaya diri. Sebab kesuksesan SDIT SC di semua even juga tidak terlepas dari kerjasama yang apik antara guru-guru dengan wali murid,” demikian Sambirang.

loading...

LEAVE A REPLY