Kerugian di Sektor Pertanian Akibat Banjir Capai 12 Miliar

0
251

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Pasca terjadinya banjir, banyak lahan pertanian yang rusak dan terendam diakibatkan oleh Bencanan banjir. Diperkirakan sekitar 5.439,5 Ha lahan pertanian yang terendam akibat banjir, sementara 2.191,8 Ha yang mengalami gagal panen, Sehingga total kerugian di sektor pertanian mencapai Rp 12 miliar.
Kepala Dinas Pertanian, Tarunawan, SP SSos. Dia menerangkan bahwa selama beberapa minggu, Dinas Pertanian sudah turun ke lapangan untuk mendata sejauh mana kerusakan dan kerugian yang diakibat oleh banjir. Ternyata ada ribuan hektar lahan pertanian yang terdampak banjir sehingga menyebabkan terjadinya gagal panen. “Ribuan hektar lahan pertanian yang gagal panen, sehingga total kerugian mencapai belasan miliar rupiah”, jelasnya.
Akibat dari gagal panen itu katanya, tentunya akan mengurangi produksi hasil pertanian, yang mempengaruhi pendapatan petani yang ikut berkurang. Maka bagi petani yang mengalami gagal panen Pemerintah melalui Dinas Pertanian telah mengajukan permohonan bantuan benih padi kepada pemerintah pusat, untuk membantu petani agar dapat menanam kembali. “Kami telah mengusulkan bantuan tersebut kepada Pemerintah pusat,” jelasnya.

LEAVE A REPLY