Kapolda NTB Apresiasi Kecintaan KSB Kepada Polri

0
279
loading...
loading...

Sumbawa Barat, Gaung NTB
Kapolda NTB, Brigjen Pol, Drs Firli MSi, pada kunjungan pertama kalinya ke Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), belum lama ini menyampaikan apresiasinya kepada pemda setempat atas kecintaannya kepada Polri, seperti membantu penyediaan lokasi pembangunan Markas Brimob, dan pelibatan unsur kepolisian melalui Bhabinkamtibmas disejumlah program pemda. “Pemda dan Polri harus bersinergi dalam program pemerintah pusat, sesuai Pilpres No. 30 Tahun 2011, tentang percepatan pembangunan dan sumber daya manusia,” kata Kapolda dalam sambutannya di Pendopo.
Untuk memenuhi Pilpres tersebut ujar Kapolda, perlu adanya sinergisitas dalam menciptakan keamanan baik di bidang pembangunan, pemberdayaan maupun sektor Pariwisata. “Kenapa harus pariwisata, karena tumbuh kembangnya SDM dapat didukung melalui usaha dibidang wisata itu sendiri, dengan mempromosikan dukungan keamanan. Dan keamanan itu sendiri, ada di kepolisian melalui Bhabinkabtikmas bersama Bhabinsa dan didukung oleh pemerintah dan masyarakat, ” tandasnya. ujar Kapolda.
Perwira Polisi yang pernah menjadi ajudan Wakil Presiden RI, Boediono ini, menegaskan fokusnya dibidang pariwisata ini karena NTB, masuk dalam sasaran pemerintah pusat karena memiliki luas pantai, seperti di KSB.
Untuk itu, harus ada kepastian hukum dalam pengembangan pariwisata, dimulai dari kesadaran SDM, pengetahuan dan potensi sebagai percepatan dan menambah ekonomi masyarakat. Sehingga para turis tidak sungkan, dan merasa nyaman saat keamanan itu terjamin.
Hal-hal yang dikemukakan oleh Kapolda ini, memiliki sisi lain, saat berkembangnya pariwisata dan didukung SDM nya, maka ini juga dapat bersinergi sebagai antisipasi keamanan terhadap maraknya pencurian ternak. Apalagi pemerintah KSB tengah fokus memberikan bantuan ternak kepada masyarakatnya jelas tidak menutup kemungkinan para gembong pencurian ternak makin meraja lela.
Dengan di bentuknya sarana pendukung yaitu bangunan pos terpadu sebagai tempat jaga keamanan pesisir pantai dengan bantuan para Bhabinkabtikmas, Bhabinsa, masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata sangat jelas dapat meminimalisir tindak kejahatan.
Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), DR Ir H W Musyafirin MM, di hadapan Kapolda NTB, menyampaikan berkat kerja sama yang baik KSB meraih predikat yang cakupan sanitasi air bersih 100%, satu satu nya seluruh masyarakatnya jadi peserta BPJS.
Kebijakan masyarakat agar bisa jadi polisi bagi diri sendiri, setiap malam Jum`at ada evaluasi, untuk menampung semua keluhan masyarakat setiap malam jumat.
Terhadap program unggulan pemda KSB, dalam hal ini melibatkan Babinsa dan bhabinkamtibmas. Bahkan Bhabinkamtibmas ada honor tambahan dari pemda setiap bulan.
Selain itu sambungnya, pemda juga mengalokasikan bantuan senilai Rp 6,74 Milyar untuk rehab Polres Sumbawa Barat. Termasuk menyediakan lahan untuk pembangunan Markas Komando (Mako) Brimob yang di arahkan di wilayah Kelurahan Telaga Bertong.
Bupati berharap, kepedulian yang diberikan kepada Polri sebagai bentuk kecintaan kepada Polri, tanpa ada maksud menutupi setiap kasus. “Tolong jangan disalah artikan. Kalau salah, ya tetap diproses hukum. Kita bangun kondisi sinergi dengan kejaksanaan dan kepolisian tidak ada unsur apa-apa. Itu semua demi kenyamanan masyarakat. Tapi dalam konteks ini, jangan dilihat berlindung dibalik sesuatu, tapi kita bekerja sesuai dengan take line tetap dengan IJS,” tegasnya.
Sebagaimana diketahui, tahun 2017 telah di bentuk TP4G melibatkan unsur aparat penegak hukum termasuk kejaksaan. “Ke depan dari program daerah yang berlangsung tidak ada lagi aparat masuk di akhir tapi dari awal, sinergi tetap harus di bangun lakukan proses investigasi, hasil tidak mungkin menghianati proses karena di lakukan dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya.

loading...

LEAVE A REPLY