Jaga Psikologis Siswa, SMPN 1 UI Putuskan UNBK Secara Mandiri

0
497
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Seperti sekolah lainnya, semula SMP Negeri 1 Unter Iwes, akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan cara nebeng di SMA/SMK. Namun, pihak sekolah akhirnya memutuskan menggelar ujian dengan menggunakan perangkat lunak ini secara mandiri.
Psikologis peserta ujian menjadi pertimbangan utama. Rasa grogi pastilah menghinggapi diri siswa, jika ujian ini dilaksanakan di tempat lain. Terlebih UNBK ini masih terasa asing. “Meski terlatih-tatih dalam pemenuhan fasilitas pendukung, kami memutuskan melaksanakan UNBK secara mandiri. Pertimbangan utama kami adalah psikologis siswa. Lagi pula jangka panjangnya, seluruh sekolah nantinya diwajibkan UNBK. Mending kita pusing sekarang, ketimbang kelabakan dikemudian hari,” ungkap kepala sekolah setempat, Punijan, SPd.
Seluruh fasilitas pendukung mulai dari komputer sampai server kata Pon—sapaan akrabnya, murni disiapkan oleh pihak sekolah. Untuk dapat melayani 186 peserta ujian di sekolahnya, minimal 62 unit komputer harus disiapkan.
Saat ini sebutnya, sudah tersedia sebanyak 20 unit computer. Sekarang sekolahnya tinggal mencari 42 unit computer lagi. “Nanti kita pinjam laptop milik bapak dan ibu guru. Awal Maret, komputer ini harus sudah lengkap, karena rencananya kita akan melaksanakan uji coba tahap pertama. Kalau server kita sudah punya 2 plus cadangan 1,” ujarnya.
Untuk pemenuhan fasilitas pendukung ini, Pon, yang juga Ketua PGRI Cabang Kecamatan Unter Iwes itu, menegaskan tidak akan merepotkan orang tua wali murid. Meski demikian, pihak sekolah kata dia, tidak mengharamkan manakala ada diantara orang tua wali murid ini, yang ingin memberikan konstribusinya. “Karena ini barang baru, masalah UNBK nanti akan kita sosialisasikan kepada wali murid,” pungkas mantan Kepala SMP 1 Rhee ini.

loading...

LEAVE A REPLY