Inilah Hasil Seleksi OSN SMP/MTs Tingkat Kabupaten Tahun 2017

0
978
loading...
loading...

Sumbawa Besar, Gaung NTB
Hasil mengejutkan terjadi di Olimpiade SAINS Nasional SMP/MTs Tingkat Kabupaten tahun 2107. Pelajar SMP Negeri 1 Sumbawa, yang biasanya mendominasi, kali ini tak satu pun yang lolos ke tingkat provinsi. Padahal hampir setiap tahunnya, siswa di salah satu sekolah sarat prestasi ini, selalu tampil menjadi duta NTB, di tingkat nasional, dalam ajang serupa.
Dari daftar peserta peringkat satu, dua dan tiga yang lolos seleksi, mayoritas dikuasai oleh pelajar di kecamatan. Hanya ada satu sekolah dalam Kota Sumbawa, yang muncul yakni Juliana Priska dari SMP Diponegoro, disusul Virga Fathia Dalilla dari SMP Negeri 1 Moyo Hulu, dan Khairatun Hisan dari SMP Negeri 1 Alas. Ketiganya berlomba untuk mata pelajaran Matematika.
Sementara untuk mata pelajaran IPA, peringkat pertama disabet Aulia Safira pelajar SMP Negeri 4 Plampang. Posisi kedua dan ketiga masing-masing diraih Suci Nurfajriah (SMP Negeri 1 Maronge) dan Ilham Wahyudi Pribadi (SMP Negeri 2 Lopok).
Sedangkan untuk mata pelajaran IPS, juara pertama diraih Davina Rona Ardani, pelajar SMP Negeri 1 Alas, di tempat berikutnya Eva Juniarti (SMP Negeri 1 Labuhan Badas) dan terakhir Atisyah Naurah Syifa (SMP Negeri 2 Buer). “Kesembilan pelajar ini berhak mewakili Sumbawa, di OSN tingkat provinsi tanggal 6 Mei nanti,” ungkap Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Hasbullah, SPd.
Secara pribadi Hasbullah, sedikit menyayangkan tidak adanya wakil dari SMP Negeri 1 Sumbawa, yang lolos diseleksi OSN tingkat kabupaten tahun ini. Mengingat pelajar dari sekolah bersangkutan kerap tampil di tingkat nasional mewakili NTB.
Terlepas dari itu semua, mantan Kepala SMP Negeri 2 Utan ini, menyadari persaingan dalam lomba asah otak tersebut, sudah mulai merata. Hasil seleksi kali ini membenarkan asumsi tersebut.
Khusus kesembilan pelajar yang akan berlaga di tingkat provinsi nanti, diberikan pembinaan selama seminggu oleh beberapa guru yang memang mumpuni di tiga mata pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika, IPA dan IPS.
Agar proses pembinaan berjalan efektif kata Hasbullah, siswa tidak diperkenankan pulang. “Dikbud Sumbawa akan berikan Reward bagi 9 pelajar ini. Ini dimaksudkan agar mereka lebih termotifasi dalam mencapai prestasi. Kita berharap tahun ini pelajar Sumbawa, bisa kembali mewakili NTB di tingkat nasional,” tandasnya.

loading...

LEAVE A REPLY